Kompas.com - 26/03/2021, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki anjing peliharaan di rumah untuk menemani dan diajak main tentu menyenangkan. Tapi jangan lupa, anjing juga perlu dirawat dan dilatih.

Dalam hal melatih anjing, kita membutuhkan petunjuk dan bimbingan yang tepat. Kita bisa mempelajarinya dari video di internet, buku panduan melatih anjing, atau mendaftarkannya ke pelatihan profesional.

Walau begitu, melakukan latihan di rumah juga bukan hal yang mustahil. Latihan yang efektif tergantung pada apa yang memotivasi anjing untuk mau belajar. Misalnya, kita dapat memberikan makanan, bermain, atau membiarkannya keluar rumah apabila anjing mau mematuhi perintah.

Apabila anjing kesulitan berkembang atau cenderung keras kepala dan tidak menurut, kita bisa memberikan anjing banyak pilihan dan sedikit membebaskannya.

Baca juga: 7 Etika Membawa Anjing Peliharaan ke Tempat Umum

"Kenali lebih dalam apa yang ingin Anda capai dan buatlah menjadi tahapan yang lebih kecil," kata Sue Minsuk, pemilik Doggie Do Right Dog Training.

Minsuk, bersama Althea Karwowski, pemilik Sit Stay SF, membagikan apa saja yang dibutuhkan untuk melatih anjing.

1. Buku pelatihan anjing dengan metode berbasis hadiah

Sebelum memutuskan untuk melatih anjing dengan metode berbasis sains dari buku, video, atau internet, Minsuk menyarankan agar kita menjawab beberapa pertanyaan untuk diri sendiri, seperti apakah kita merasa nyaman dengan metode latihan yang disajikan? Apakah kita dan anjing peliharaan menyukai metode tersebut?

"Jika semua pihak tidak menikmati kegiatan tersebut, kemungkinan latihan tidak akan berhasil atau tidak menciptakan ikatan yang kuat atau hubungan yang baik," kata Minsuk.

Baca juga: 5 Alasan Anak Anjing Baik untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Anggota Unit Satwa K9 Polda Metro Jaya melatih anjing untuk menangkap pelaku kejahatan narkotika, di Mako Satwa Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (29/06/2018). Kegiatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan satwa anjing atau satwa K9 dalam melakukan pengamanan serta melacak keberadaan bahan peledak (handak), narkotika, dan pemecah massa.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Anggota Unit Satwa K9 Polda Metro Jaya melatih anjing untuk menangkap pelaku kejahatan narkotika, di Mako Satwa Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (29/06/2018). Kegiatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan satwa anjing atau satwa K9 dalam melakukan pengamanan serta melacak keberadaan bahan peledak (handak), narkotika, dan pemecah massa.

2. Buku latihan anjing bergambar

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.