Kompas.com - 25/03/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi anjing di dalam mobil. PIXABAY/PEXELSIlustrasi anjing di dalam mobil.

KOMPAS.com - Kini semakin banyak tempat yang mengizinkan pengunjungnya membawa anjing peliharaanya. Kafe, hotel sampai taman merupakan ruang publik yang bisa dijadikan tujuan jalan-jalan bersama anjing tersayang.

Namun berbeda dari kucing, tidak mudah membawa anjing keluar rumah. Apalagi di Indonesia karena hewan ini kerap ditakuti dan dijauhi.

Banyak yang takut akan digigit atau terkena jilatannya sehingga tak semua tempat mengizinkan hewan ini masuk.

Oleh karena itu ada etika yang harus dipahami oleh pemilik saat membawa anjing ke tempat umum. Tujuannya agar tidak ada yang merasa terganggu dengan kehadiran anjing kita.

Baca juga: Penyebab Anjing Peliharaan Mengikuti Anda Terus-menerus

Setidaknya ada 7 hal yang menjadi etika dasar saat membawa anjing jalan-jalan ke tempat umum antara lain:

  • Minta izin

Tidak semua lokasi mengizinkan kehadiran anjing. Karena itu pastikan sudah mengajukan izin sebelumnya. Cari tahu aturan yang berlaku di lokasi yang dituju.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebanyakan restoran dan hotel tidak mengizinkan membawa anjing namun ada beberapa pengecualian. Umumnya tempat yang berlokasi outdoor lebih memungkinkan untuk memawa hewan.

  • Sehat dan sudah divaksin

Pastikan anjing dalam keadaan sehat ketika diajak keluar rumah agar tidak menulari hewan lain yang ditemuinya. Jalan-jalan dalam kondisi sakit juga hanya akan menambah parah kondisi hewan kesayangan kita.

Selain itu, sebaiknya anjing kita juga sudah divaksin agar menekan kemungkinan tertular penyakit. Ada beberapa penyakit yang bisa menular dengan mudah jika belum divaksin misalnya saja parvo atau distemper.

  • Tidak sedang loop

Anjing betina memiliki masa loop atau kondisi subur. Karena itu mereka menguarkan bau yang sangat khas dan tajam sehingga dapat mengundang perhatian anjing jantan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X