Kompas.com - 27/03/2021, 08:22 WIB
Ilustrasi push up DragonImagesIlustrasi push up

KOMPAS.com - Kolesterol merupakan senyawa lemak yang dapat membantu tubuh membangun sel, membuat vitamin dan hormon, serta mencerna beberapa makanan berlemak.

Namun, sayangnya, kadar kolesterol yang tinggi, khususnya kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) bisa berbahaya bagi tubuh.

LDL dapat membuat seseorang berisiko mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti serangan jantung dan stroke.

Baca juga: Waspadai, Minum Miras Picu Naiknya Kadar Kolesterol

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan adalah dengan berolahraga secara teratur.

The American Heart Association (AHA) menyarankan agar orang-orang melakukan olahraga dengan intensitas sedang minimal 150 menit per minggu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, LDL.

Di samping itu, melakukan olahraga rutin juga bermanfaat dalam membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menunjukkan, berjalan kaki selama satu jam sehari pada 5 hari dalam seminggu selama 24 minggu dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh.

Temuan pada riset tahun 2015 turut mendukung penelitian tersebut dengan mengatakan, kadar HDL dalam tubuh meningkat setelah latihan kekuatan intensitas tinggi secara teratur tiga kali seminggu selama 10 minggu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Turunkan Kadar Kolesterol, Sudah Tahu?

Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut, simaklah beberapa jenis olahraga atau latihan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

1. Berjalan kaki

Jalan kaki biasa atau jalan cepat secara teratur adalah cara yang baik untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.