Kompas.com - 12/04/2021, 21:12 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di bulan Ramadan, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Biasanya, di bulan inilah banyak perubahan yang terjadi.

Orang yang berpuasa akan bangun dini hari untuk makan sahur. Akibatnya, durasi tidur akan berkurang dibandingkan saat kita tidak berpuasa.

Hal itu bisa menyebabkan penurunan aktivitas fisik selama berpuasa, dan memengaruhi kondisi tubuh serta berat badan.

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kondisi tubuh. Namun, karena khawatir  tubuh akan lemas dan haus, banyak orang menghindari olahraga saat berpuasa.

Padahal, olahraga tetap dapat dilakukan ketika kita berpuasa, selama kita mengetahui cara yang benar.

Tips berolahraga saat berpuasa

1. Menentukan waktu yang tepat

Kita bisa berolahraga antara 30-120 menit sebelum berbuka, sehingga energi yang digunakan dapat digantikan begitu waktu berbuka puasa datang.

Olahraga juga dapat membantu mengatasi konstipasi atau sembelit yang dialami tubuh saat berpuasa.

"Orang yang puasa terkadang memiliki satu masalah yang sering dikeluhkan, yaitu konstipasi," kata Felicia Kartawidjajaputra, Manager of Nutrifood Research Center.

Ia berbicara hal itu dalam acara Media Gathering 2021 #Nutritalk yang diadakan Nutrifood secara virtual pada Jumat (9/4/2021) lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X