Kompas.com - 15/04/2021, 13:36 WIB
Ilustrasi anjing menggigit. SHUTTERSTOCK/ERIC ISSELEEIlustrasi anjing menggigit.

KOMPAS.com - Banyak hal yang perlu dipelajari pemilik anjing terkait cara merawat hewan kesayangannya, bahkan bagi mereka yang sudah memelihara anjing dalam jangka waktu lama.

Berikut hal-hal yang harus diketahui tentang merawat anjing seperti dikutip Insider.

1. Selalu gunakan sabuk pengaman saat anjing berada di dalam mobil

Dokter hewan Jennifer Coates mengatakan, saat berada di mobil, baik pengemudi maupun anjing harus memakai sabuk pengaman.

"Tingkah anjing yang tidak terkendali dapat menjadi gangguan dan melukai penumpang secara serius karena bisa terjadi kecelakaan," kata Coates.

Gunakan sabuk pengaman atau masukkan anjing ke dalam kandang saat membawa hewan tersebut di dalam mobil.

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk menentukan jenis pengaman mobil yang terbaik untuk anjing berdasarkan ras dan ukurannya.

Baca juga: Perhatikan, Tips Nyaman Bermobil Bersama Anjing

2. Berikan obat cacing hati

Coates menyarankan agar anjing rutin diberi obat cacing hati sepanjang tahun. Kecuali dokter hewan pribadi menyarankan hal sebaliknya.

"Dosis obat yang diperlukan untuk mencegah cacing hati sangat aman untuk anjing. Sedangkan mengobati penyakit cacing hati stadium lanjut lebih berbahaya dan tidak efektif," kata Coates.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X