Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 14:07 WIB

KOMPAS.com - Media sosial dihebohkan konten "persalinan" dari akun Tiktok oknum dokter yang dianggap melecehkan perempuan.

Video Tiktok dari akun @dr.kepinsamuelmpg itu membahas proses pembukaan vagina saat proses bersalin. Alih-alih edukasi, ia dianggap melecehkan perempuan dan menuai kritik dari banyak pihak.

Hal yang amat disayangkan mengingat masih banyak perempuan yang berjuang menghadapi perasaan tidak nyaman saat bertemu ginekolog.

Marifran Mattson, profesor komunikasi di Purdue University, Indiana, Amerika Serikat mengatakan bnyak wanita menderita kecemasan yang luar biasa tentang pemeriksaan rutin ginekologinya.

Kekhawatiran utama yang dirasakan adalah perasaan tidak nyaman, malu, dan merasa area privatnya terganggu. Hal ini kemudian menghalangi mereka melakukan konsultasi dengan ginekolog yang perlu dilakukan secara rutin.

Baca juga: Hamil di Tengah Pandemi? Simak Anjuran Pemeriksaan dari Dokter Kandungan

Bukan hanya ketika akan melahirkan, namun juga untuk pemeriksaan kesehatan reproduksinya.

"Pendidikan pasien adalah kunci agar mereka percaya diri menuntut agar individualitasnya dihormati dan masukan mereka dipertimbangkan," jelasnya seperti dikutip dari laman Very Well Health.

Untuk menghilangkan kecemasan ini, ada lima cara yang bisa kita aplikasi yaitu:

  • Konsultasi sebelum pemeriksaan rutin

Ada baiknya kita bertemu dengan dokter kandungan sebelum jadwal pemeriksaan rutin untuk menghilangkan rasa gugup. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk berbincang lebih jauh soal tes yang akan dilakukan dan pertanyaan lainnya.

Dr. Christine Greves, seorang OBGYN di Orlando Health, Florida mengatakan pertemuan ini juga membantu meredakan rasa gugup dan mengatasi segala kekhawatiran yang mungkin dirasakan. Pasien juga bisa lebih percaya diri saat pemeriksaan dilakukan.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Vagina Lecet Usai Bercinta Mungkin karena 9 Hal Ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.