Kompas.com - 19/04/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi deodoran SHUTTERSTOCKIlustrasi deodoran

KOMPAS.com - Deodoran menjadi salah satu senjata kita untuk melawan bau badan. Tetapi, mencari deodoran yang pas dan bisa bekerja efektif tak gampang.

Jika kamu menyadari deodoran yang kamu gunakan tidak memberikan perubahan atau berfungsi secara signifikan, itu tandanya kamu perlu menggantinya. 

Nah, berikut penyebab mengapa deodoran yang kamu gunakan tidak bekerja dengan baik sesuai dengan klaimnya:

Baca juga: Penyebab Ruam Ketiak karena Deodoran dan Cara Mengatasinya

1. Pemilihan formula yang tidak sesuai dengan kebutuhan

Meski saat ini ada banyak sekali macam dan merek deodoran, namun dokter bedah plastik di New York, Melissa A. Doft, MD, mencatat bahwa deodoran biasanya terbagi dalam dua kategori: deodoran dan antiperspiran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mary Futher, pendiri Kaia Naturals, sebuah merek khusus deodoran alami, mengatakan perbedaan ini sangat penting untuk dipahami.

"Peran deodoran adalah untuk mencegah kbau yang tidak sedap, sedangkan peran antiperspiran adalah untuk menghentikan kamu berkeringat," kata Futher.

Doft mengatakan bahwa antiperspiran biasanya direkomendasikan untuk mereka yang lebih banyak berkeringat, sedangkan deodoran lebih membantu dalam menetralkan bakteri dan bau ketiak.

Dermatologis Dove, Dr. Alicia Barba menambahkan, “Jika ingin mencari produk yang bisa mencegah bau dan ketiak basah, saya merekomendasikan antiperspiran dengan garam aluminium yang bisa mengontrol keringat pada ketiak dan deodoran untuk menutupi bau,” katanya.

Baca juga: Hilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih, Begini Caranya

2. Mengalami hiperhidrosis

Berkeringat memang baik untuk tubuh. Namun, jika berlebihan bisa saja kamu memiliki kondisi genetik yang disebut hiperhidrosis.

Kondisi ini membuat penderitanya berkeringat lebih banyak dari kondisi normal, meskipun dalam kondisi sedang tidak berolahraga atau pun kepanasan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
YOUR-FAVORITE-MAKEUP-ITEM
5 Langkah Makeup Flawless dan Cerah Terawat Walau Pakai Masker!
5 Langkah Makeup Flawless dan Cerah...
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X