Kompas.com - 27/04/2021, 15:26 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak mitos soal penyakit diabetes yang berkembang di masyarakat. Faktanya, tidak semua memiliki dasar ilmiah dan benar adanya.

Penyakit diabetes disebabkan permasalahan hormon insulin di dalam tubuh seseorang. Kondisi ini dapat memicu komplikasi yang menyebabkan berbagai masalah dalam organ tubuh seperti kebutaan, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, diabetes bisa membahayakan nyawa seseorang dan tergolong dalam penyakit mematikan.

Organisasi kesehatan dunia, WHO memperkirakan akan ada 14 juta penderita penyakit ini pada tahun 2025 mendatang.

Meski demikian, Dr. Suharko Soebardi, SpPD, Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Endokrinologi, mengatakan masih banyak mitos salah yang berkembang di masayarakat.

Hal ini kemudian menjadi penghalang penerapan pola hidup sehat untuk mencegah diabetes.

"Kalau sudah terkena, tidak bisa diobati karena itu penting sekali kita mendapatkan informasi yang benar," jelasnya dalam JEC Eye Talks: Pengaruh Puasa Ramadan pada Kesehatan Mata dan Pengidap Diabetes yang digelar secara daring pada Selasa (27/04/2021).

Baca juga: 10 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Harus Diwaspadai

Beberapa mitor yang seharusnya tak lagi dipercaya menurut dokter yang berpengalaman lebih dari 20 tahun ini antara lain:

  • Diabetes terbagi menjadi dua jenis yaitu kering dan basah

Masyarakat secara umum membagi penyakit ini menjadi dua jenis yakni diabetes kering dan diabetes basah. Jenisnya biasanya didasarkan pada gejala yang ditimbulkan pada penderitanya.

Penderita diabetes yang kehilangan berat badan secara ekstrem kerap dianggap menderita jenis yang kering. Sebaliknya, penderita diabetes basah dianggap sulit sembuh jika memiliki luka terbuka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.