Kompas.com - 04/05/2021, 19:53 WIB
Daging merah karandaevDaging merah

KOMPAS.com - Banyak ahli jantung yang telah melihat efek dari pola makan yang buruk terhadap jantung kita.

Meskipun sesekali kita perlu memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan yang kita inginkan, namun beberapa jenis makanan dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan jantung.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak 11 makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan jantung seperti yang dilansir dari laman The Healthy berikut ini.

Baca juga: Cara Mengenali Kondisi Kesehatan Jantung Sendiri, Sudah Tahu?

1. Daging olahan

Seorang ahli jantung di New York City, Jennifer Haythe, MD mengatakan bahwa daging olahan seperti ham, hot dog, dan sosis adalah makanan yang mengandung lemak jenuh.

"Makanan yang terbuat dari daging olahan telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis seperti gagal jantung dan kanker," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daging olahan mengacu pada daging yang telah diasinkan, diawetkan, difermentasi atau diasapi untuk meningkatkan umur simpannya.

Meskipun makanan ini mudah dikonsumsi, namun bahan kimia dan natrium yang digunakan di dalamnya sangat berbahaya bagi jantung kita, terutama bila dimakan dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca juga: Ini yang Menyebabkan Daging Olahan Memicu Kanker

2. Daging merah

Steak memang lezat, tapi penuh dengan lemak jenuh, kolesterol, dan garam. Oleh karena itu, batasi konsumsinya hanya sebulan sekali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X