Kompas.com - 09/06/2021, 13:51 WIB
Ilustrasi bercinta. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi bercinta.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki hubungan cinta yang baik dan bahagia tentu menjadi hal yang diinginkan hampir kebanyakan orang.

Untuk menghidupkan kembali api cinta dalam sebuah hubungan, salah satu caranya ternyata bisa dilakukan dengan rutin bercinta.

"Pasangan yang rutin berhubungan seks satu kali setiap minggu, lebih cenderung memiliki hubungan yang bahagia dan memuaskan, di dalam dan di luar kamar tidur,"

Demikian penjelasan Ian Kerner, PhD, LMFT, seorang terapis seks berlisensi kepada Andrea Syrtash, di Podcast mengenai kehamilan.

Dalam podcast ini, Kerner membahas tentang bagaimana pasangan dapat mengatasi rintangan dalam kehidupan seks mereka, terutama ketika mencoba untuk hamil.

Sebuah riset tahun 2015, dalam jurnal Social Psychology and Personality Science, menemukan bahwa pasangan yang berhubungan seks seminggu sekali lebih cenderung merasa bahagia dalam hubungan mereka daripada mereka yang jarang berhubungan seks.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti juga menemukan bahwa berhubungan seks lebih dari sekali dalam seminggu tidak menambah kepuasan hubungan. 

Baca juga: Rutin Bercinta Bikin Awet Muda

Selain itu, jenis atau kategori seks yang kita lakukan pun juga penting.

Kerner menjelaskan bahwa seks terbagi dalam tiga kategori:

  • Rekreasi, hanya untuk bersenang-senang,
  • Relasional, untuk merasa terhubung dengan pasangan kita, 
  • Prokreasi, atau untuk memiliki bayi.

Meskipun ketiga jenis seks memiliki peran penting, terlalu fokus pada satu jenis seks dapat mengubah momen indah itu menjadi aktivitas yang penuh kecemasan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X