Kompas.com - 10/06/2021, 10:25 WIB
Sumber karbohidrat sehat. SHUTTERSTOCK/TATJANA BAIBAKOVASumber karbohidrat sehat.

KOMPAS.com - Terlalu banyak mengasup karbohidrat memang bisa membuat kita kelebihan kalori sehingga dalam jangka panjang menyebabkan kegemukan. Itu sebabnya banyak orang yang ingin langsing memilih tak makan karbohidrat.

Padahal, menurut peneliti dari Harvard Medical School, tidak makan karbohidrat bisa mencegah tubuh mendapatkan semua energi yang dibutuhkan untuk proses pembakaran sepanjang hari.

Oleh sebab itu, berpantang karbohdirat bisa membuat kita mengalami efek negatif, seperti bau mulut, sembelit, sakit kepala, dan banyak lagi.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak lima dampak buruk menghilangkan asupan karbohidrat, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

Baca juga: Manusia Makan Karbohidrat Sejak Ratusan Ribu Tahun Lalu untuk Otak

1. Sakit perut dan ketidaknyamanan pada pencernaan

Menurunkan berat badan bukan berarti kita harus menghilangkan semua asupan makanan. Yang terpenting adalah kita mendapatkan jumlah serat yang sehat dalam makanan tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serat tidak hanya menyediakan makanan yang cukup untuk membuat kita merasa kenyang sepanjang hari. Tetapi, serat juga membantu pencernaan dan membantu menjaga saluran cerna tetap sehat.

Diet tanpa karbohidrat sering kali menghindari semua sumber karbo, termasuk kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, yang berarti kita tidak mendapatkan jumlah serat yang cukup.

Baca juga: Catat, 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Menyehatkan bagi Tubuh

Akibatnya, tidak makan karbohidrat biasanya beriimbas pada sakit perut dan nyeri karena defisit serat.

Jika kita benar-benar ingin membatasi asupan karbohidrat, pastikan kita mengizinkan beberapa sumber makanan yang mengandung kadar serat tinggi untuk menghindari efek samping ini.

Baca juga: Coba Metode Jam Makan Serat Ini agar Anak Cukup Nutrisi

ilustrasi makanshutterstock ilustrasi makan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X