Kompas.com - 10/06/2021, 16:09 WIB
Terlalu sering menahan buang air kecil bisa menyebabkan masalah ginjal. SHUTTERSTOCKTerlalu sering menahan buang air kecil bisa menyebabkan masalah ginjal.

KOMPAS.com - Ginjal adalah dua organ berbentuk seperti kacang yang membantu tubuh membuang limbah dalam bentuk urin atau kencing.

Fungsi ginjal bagi tubuh sangatlah beragam. Mengutip Kompas.com (12/3/2021), selain fungsi yang sudah disebutkan, ginjal juga membantu menyaring darah sebelum mengirimnya kembali ke jantung, menjaga keseimbangan cairan tubuh, hingga Menyaring bahan limbah dari makanan, obat-obatan, dan zat beracun.

Tak sedikit orang yang menganggap bahwa penyakit ginjal hanya dihadapi orang-orang tua atau peminum alkohol.

Padahal, kebiasaan sepele yang kita lakukan sehari-hari dan memicu gaya hidup tidak sehat berkontribusi besar terhadap kesehatan ginjal.

Merangkum sejumlah sumber, berikut sejumlah kebiasaan harian yang dapat menyebabkan penyakit ginjal:

1. Kurang minum

Menurut National Kidney Foundation, menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu ginjal membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Banyak minum air putih juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengindari batu ginjal.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang-orang dengan masalah ginjal atau gagal ginjal memang perlu membatasi asupan cairan. Namun bagi kebanyakan orang, dianjurkan untuk minum 1,5 hingga 2 liter per hari sebagai target yang menyehatkan.

Baca juga: Begini Ternyata Aturan Minum Air Putih yang Benar

2. Tidak tidur cukup

Tidur cukup di malam hari sangatlah penting bagi kesejahteraan seseorang dan juga punya peranan besar terhadap kesehatan ginjal.

Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun yang membantu mengoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X