Kompas.com - 14/06/2021, 18:29 WIB
Ilustrasi menggaruk kepala shutterstockIlustrasi menggaruk kepala
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sering mengalami rasa gatal di kulit kepala padahal kita sudah rajin keramas? Jika benar begitu, kita pasti bertanya-tanya apa yang membuat kulit kepala gatal.

Gatal di kulit kepala dapat mengganggu kenyamanan dan kesegaran rambut, serta merusak penampilan. Terkadang, kulit kepala gatal juga disertai serpihan berwarna putih atau ketombe yang bisa jatuh ke pakaian kita.

Ada berbagai penyebab kulit kepala terasa gatal. Kondisi ini sering terjadi pada siapa saja, menurut Annie Gonzalez, MD, dokter kulit di Riverchase Dermatology.

Kenali apa saja penyebab gatal di kulit kepala, dan cara penanganannya di bawah ini.

1. Ketombe

Ketombe adalah penyebab umum kulit kepala yang gatal dan memengaruhi setengah dari populasi orang dewasa, kata Michele Green, MD, dokter kulit kosmetik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketombe bisa dipicu dari banyak faktor, seperti kulit yang sensitif atau bertumbuhnya jamur.

Selain kulit kepala yang gatal, gejala ketombe lainnya yaitu serpihan kulit di kulit kepala atau alis dan kulit kepala yang berdarah saat digaruk.

Untuk mengatasi ketombe, kita perlu menemui dokter kulit atau dokter umum yang dapat mengetahui akar penyebabnya, kata Green.

Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Perawatan Rumahan

2. Psoriasis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X