Kompas.com - 14/06/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kopi adalah minuman yang disukai banyak orang karena rasanya yang nikmat dan khasiatnya yang membuat kita lebih bersemangat.

Kafein pada kopi merupakan zat psikoaktif yang dapat mengurangi kelelahan dan kantuk, meningkatkan waktu reaksi dan konsentrasi kita, meningkatkan kinerja tubuh, bahkan dapat mencegah gangguan pernapasan. 

Namun, secara umum banyak yang mengatakan bahwa jika sedang sakit kepala, kita sebaiknya menghindari kopi karena kopi dipercaya tidak hanya akan membuat kita dehidrasi, tetapi juga akan membuat sakit kita makin parah.

Tapi bertentangan dengan keyakinan tersebut, secangkir kopi ternyata bisa mengurangi sakit kepala atau meredakan nyeri.

Riset tahun 2011 dan 2016 atau artikel tahun 2019, menunjukkan bahwa kafein tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas obat penghilang rasa sakit, seperti aspirin, ibuprofen, atau parasetamol sebanyak 40 persen.

Itu sebabnya banyak obat penghilang rasa sakit sebenarnya memasukkan sedikit kafein dalam formulasinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun harus diingat, jika kita mengonsumsinya terlalu banyak, kita bisa saja mengalami pusing, bahkan pingsan.

Katherine Zeratsky, R.D., L.D., ahli diet terdaftar Mayo Clinic, mengatakan bahwa minum minuman yang mengandung kafein sebagai bagian dari gaya hidup normal, tidak menyebabkan kehilangan cairan melebihi volume yang dikonsumsi.

Memang minuman berkafein mungkin memiliki efek diuretik ringan, yang artinya dapat menyebabkan rasa ingin buang air kecil. Tetapi ini tidak meningkatkan resiko dehidrasi.

Meski begitu, walau kopi adalah minuman, tetapi alangkah baiknya jika kita minum air putih saja jika benar-benar mengalami dehidrasi.

Baca juga: 5 Dampak pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Ngopi



Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X