Kompas.com - 15/06/2021, 17:13 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Kebiasaan duduk terus-menerus dapat menyebabkan otot di sekitar sendi melemah. Akibatnya, muncul penyakit nyeri sendi yang dapat mengganggu gerak dan aktivitas sehari-hari.

Jumlah kasus Covid-19 yang masih tinggi di Indonesia membuat kita masih harus terus melakukan berbagai aktivitas di rumah saja.

Bekerja, sekolah, bersosialisasi bahkan kegiatan refreshing harus kita lakukan dengan bantuan teknologi dari rumah masing-masing.

Imbasnya, kita lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar dengan duduk terus-menerus. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan marathon serial televisi atau film favorit yang membuat kita jarang beranjak dari posisi duduk kita.

“Duduk secara terus menerus selama lebih dari 40 menit, akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan pada jangka panjang dapat melemahkan otot di sekitar sendi," jelas Medical Expert Combiphar, dr. Edo Adimasta, pada virtual media briefing Combiphar Health Desk pada Selasa (15/06/2021).

Baca juga: Rebahan Doang, tapi Kok Badan Malah Jadi Pegal-pegal?

Otot di area tersebut memiliki peran penting yakni mengurangi beban untuk mengurangi potensi aus pada tulang rawan dan menjaga fleksibilitas tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih lagi, kebanyakan masyarakat tidak memiliki perlengkapan meja kerja yang memadai sehingga terpaksa bekerja dengan postur dan posisi tubuh yang tidak ergonomis. Tak heran jika penyakit nyeri sendiri menjadi salah satu keluhan yang paling sering muncul. 

Untuk mengantisipasinya, mempertahankan aktivitas fisik dan menjaga asupan makanan adalah kunci agar tetap sehat. Sejauh ini, belum ada pengobatan khusus yang dapat menyebutkan penyakit ini sehingga tindakan pencegahan adalah opsi yang terbaik.

Baca juga: Stres dan 6 Penyebab Sakit Punggung Lain yang Jarang Diketahui

Jaga Aktivitas Fisik agar Terhindar dari Nyeri Sendi

Kurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan duduk terus menerus juga memicu potensi obesitas. Apalagi kini kita terbiasa bekerja atau menikmati tontonan berbekal camilan atau minuman yang manis.

Biasakan untuk mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dan baik untuk tubuh seperti buah, sayuran segar dan ikan. Selain itu, ada lima hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari nyeri sendi dan otot antara lain:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.