Kompas.com - 17/06/2021, 16:38 WIB
ilustrasi infused water shutterstock/eugena-klykovailustrasi infused water

KOMPAS.com - Pesepakbola Cristiano Ronaldo menyingkirkan botol Coca-Cola diduga karena tak suka pada efek buruk yang ditimbulkan soft drinkitu. Maklum saja, ia dikenal sebagai penggemar pola hidup sehat termasuk dengan menjaga asupan.

Kebiasaan minum soft drink memang sudah dikenal luas berdampak buruk pada kesehatan seseorang.

Satu kaleng soda berukuran 330 ml mengandung lebih dari sembilan sendok teh gula, jumlahnya setara dengan satu setengah kali lebih banyak dari asupan harian yag direkomendasikan American Heart Association.

“Soda tidak memiliki nilai gizi, dan oleh karena itu, tidak ada manfaat gizi untuk memilikinya,” kata Kelly Kennedy, RD, ahli gizi terdaftar di Amerika Serikat.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Berang Disuguhi Soda, Ingatkan Pentingnya Air Putih

Penelitian yang diterbitkan pada September 2019 di JAMA Internal Medicine menyebutkan minuman ini berkaitan dengan risiko penyakit jantung, stroke, kanker kolorektal, dan semua penyebab kematian yang lebih tinggi.

Obesitas juga menjadi salah satu hal yang diwaspadai karena soda mampu menumpulkan kepekaan tubuh terhadap rasa manis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demikian pula dengan soda diet yang diklaim lebih sehat namun nyatanya punya efek buruk serupa. Alasannya, pemanis buatan dalam jenis soda ini dapat mengubah cara sistem penghargaan otak memproses rasa manis.

"Akibatnya, orang-orang akhirnya mengganti kalori yang terlewat dengan makanan lain yang mereka makan sepanjang hari," tandas Kennedy.

Baca juga: Jangan Konsumsi Soda di 2 Waktu Berikut

Ganti Minuman Bersoda dengan Alternatif yang Lebih Sehat

Banyak orang menyukai minuman bersoda karena rasanya yang enak dan menyegarkan.

Namun saatnya menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan alternatif yang lebih sehat. Mungkin mustahil bagi kita menjadi sama bugarnya seperti Cristiano Ronaldo namun paling tidak dapat menjaga kondisi kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X