Kompas.com - 04/07/2021, 16:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Diet karnivora sepertinya menjadi pilihan diet yang menyenangkan untuk pecinta daging.

Hal ini dikarenakan, diet ini menganjurkan kita untuk mengkonsumsi daging, ikan, dan makanan hewani lainnya, seperti telur dan produk susu tertentu.

Menariknya, dalam aturan diet karnivora, justru kita sama sekali tidak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

Selain itu, diet ini tidak seperti diet keto, yang membatasi karbohidrat hingga jumlah tertentu per hari. Diet karnivora bertujuan untuk mencapai nol karbohidrat per hari.

Meski makan hanya daging, tapi diet karnivora menawarkan penurunan berat badan, peningkatan suasana hati, serta pengaturan gula darah.

Ini berdasarkan pada keyakinan bahwa makanan tinggi karbohidrat adalah penyebab penyakit kronis.

Namun, perlu diketahui bahwa ada kerugian yang akan kita alami jika tidak makan apa pun selain protein hewani tanpa karbohidrat.

Kate Patton, MEd, RD, CSSD, LD., seorang ahli diet di Clevaland Clinic mengatakan bahwa karbohidrat adalah sumber energi pilihan tubuh kita yang biasa digunakan untuk energi.

"Jika kita tidak makan karbohidrat, pilihan tubuh berikutnya adalah membakar lemak. Dan itu berasal dari lemak dalam makanan atau lemak tubuh kita sendiri."

Patton mengatakan bahwa kebanyakan orang merasa baik setelah tidak makan karbohidrat karena mereka tidak memiliki lonjakan gula darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.