Kompas.com - 16/07/2021, 08:59 WIB
Ilustrasi anak memberi sumbangan shutterstockIlustrasi anak memberi sumbangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Jika diumpamakan, anak seperti sebuah spons yang menyerap apapun yang ada di sekitar mereka berkat kepolosannya.

Mereka belajar dan meniru perilaku orang di sekitarnya, termasuk orangtuanya. Anak yang dibesarkan di lingkungan yang baik, juga akan tumbuh menjadi orang baik.

Hal ini dapat membuat anak lebih peduli, murah hati, dan dermawan. Anak juga biasanya menunjukkan perilaku empati tanpa mereka sadari.

Contohnya, saat kita sedih, biasanya anak-anak akan datang menghibur kita atau berbagi makanan saat melihat orang lain yang tidak memiliki makanan.

Namun di sisi lain, anak bisa menjadi sangat egois dan tidak mau membagikan apapun yang dia miliki, jika dia tidak melihat contoh serupa.

Karena itu, yang diperlukan anak adalah melatih empati mereka dan belajar bagaimana menjadi lebih murah hati dan dermawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak agar Suka Menolong

Berikut enam cara membuat anak menjadi murah hati dan dermawan yang bisa kita jajal.

1. Puji kemurahan hati alami anak

Anak senang dipuji saat mengerjakan sesuatu yang baik, dan itu adalah hal yang alami dalam perkembangan anak. Karena itu, puji anak saat mereka melakukan sesuatu yang menunjukkan kedermawanan mereka.

Misalnya, dengan mengatakan, “Wah, kamu dermawan sekali,” saat anak memberikan atau membagikan kue miliknya pada orang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.