Kompas.com - 16/07/2021, 16:44 WIB
Pose bridge dalam yoga PEXELS/ ELINA FAIRYTALEPose bridge dalam yoga

KOMPAS.com - Yoga adalah latihan yang terbaik untuk membangun fleksibilitas dan kekuatan, termasuk otot-otot di dasar panggul.

"Melakukan gerakan yang melibatkan dasar panggul dan otot-otot di sekitarnya dapat membantu otot-otot tersebut menopang organ di daerah panggul dengan lebih baik, termasuk kandung kemih."

Demikian penuturan seorang instruktur yoga dari Peloton, Kristin McGee.

Menurut dia, beberapa gerakan yoga juga bisa menimbulkan risiko yang lebih rendah terhadap kejadian memalukan seperti ngompol.

Baca juga: Yoga Vinyasa, Padukan Gerakan dan Pernapasan

Faktanya, penelitian telah menunjukkan, wanita yang ikut dalam program yoga untuk memperkuat otot panggul mengalami penurunan gejala inkontinensia stres hingga 70 persen.

Inkontinensia stres adalah urine yang bocor saat kita kandung kemih tertekan akibat -misalnya, batuk, bersin, tertawa, berolahraga, atau mengangkat sesuatu yang berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, bagi para pemula yang ingin memperkuat otot dasar panggul atau banyak otot lainnya, cobalah empat gerakan yang dapat membantu berikut ini.

1. Bridge

Gerakan bridge dilakukan dalam posisi berbaring telentang dengan kaki selebar pinggul, menghadap ke depan, lengan di samping, dan telapak tangan ke bawah.

Kemudian, tekuk lutut sambil menariknapas. Saat mengeluarkan napas, angkat pinggul dan tekan ke kaki. Jaga agar paha dan kaki tetap sejajar.

Kita juga bisa menekan yoga block atau busa untuk yoga di antara paha guna mengaktifkan adduktor (paha atas) yang menopang otot dasar panggul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.