Kompas.com - 05/08/2021, 14:28 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Olahraga merupakan kunci sukses untuk menjaga kebugaran serta menciptakan bentuk tubuh yang ideal. Banyak orang yang sudah paham dengan hal itu.

Tetapi, karena alasan pekerjaan atau tugas sehari-hari, kita kerap menjadi tidak sempat menyisihkan waktu. Inilah alasan kuat banyak orang melewatkan olahraga.

Padahal, kita bisa memeroleh manfaat kesehatan hanya dengan berolahraga selama 10 menit per hari.

Baca juga: Olahraga Lengkap untuk Tingkatkan Kesehatan dan Kemampuan Fisik

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, melakukan latihan intensitas tinggi seperti berlari selama 75 menit per minggu bisa membuat kita senantiasa sehat dan bugar.

Itu artinya, dalam sehari kita hanya perlu meluangkan waktu 10-11 menit untuk berolahraga.

Namun, menjalani latihan dengan intensitas tinggi tidaklah mudah, apalagi jika kita berniat mencoba high intensity interval training (HIIT).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

HIIT termasuk ke dalam kelompok olahraga yang memanfaatkan kombinasi gerakan intensitas tinggi dan intensitas rendah yang dilakukan secara bergantian.

Untuk melakukan HIIT, kita membutuhkan banyak kekuatan dan tenaga. Latihan ini cenderung tidak cocok bagi individu yang memiliki masalah mobilitas, nyeri kronis, atau gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: Rutin Olahraga 2 Jam per Minggu, Rasakan Manfaatnya...

Jika kita tidak memiliki gangguan kesehatan tersebut dan berniat mencoba HIIT, maka akan banyak manfaat yang bisa diraih.

"HIIT adalah bentuk latihan yang efektif dan efisien, meningkatkan detak jantung dengan cepat dan membakar sejumlah besar kalori dalam waktu singkat."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.