Kompas.com - 28/08/2021, 12:38 WIB
Ilustrasi berkebun, menanam sayuran di rumah. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESIlustrasi berkebun, menanam sayuran di rumah.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berkebun mungkin bukan kegiatan pilihan bagi banyak remaja. Tetapi ada banyak manfaat kesehatan mental bagi remaja saat menyentuh tanah dan membantu kehidupan bertumbuh.

Menurut Your Teen Mag, kunci untuk membuat remaja tertarik berkebun adalah mulai melibatkan mereka dalam kegiatan tersebut. Jika mereka mau mencobanya, kemungkinan besar mereka akan menemukan 10 manfaat untuk kesehatan mental ini.

1. Melawan perfeksionisme

Remaja mengalami transisi penting dari perkembangan mereka dari anak menjadi dewasa, dan mencoba untuk mengatur sendiri sekolah, kegiatannya, dan kehidupan sosial mereka.

Dalam tahap ini, mereka mungkin memiliki kecenderungan untuk menjadi perfeksionis, yang dapat membebani kesehatan mentalnya.

Menurut Psychology Today, berkebun adalah cara yang hebat untuk melawan keinginan menjadi sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya kita jadi menyadari banyak hal yang berpengaruh pada pertumbuhan tanaman dan kita tidak bisa mengendalikan semuanya.

Bahkan jika kita seorang tukang kebun ahli, akan selalu ada serangga, gulma, dan masalah lain yang membuat tanaman tumbuh kurang ideal, dan itu sebenarnya tidak masalah.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Berkebun Baik untuk Kesehatan

2. Pola pikir yang bertumbuh

Segala sesuatu tentang berkebun menginspirasi pertumbuhan. Merawat taman dengan tanaman, bunga, dan sayuran dapat membantu menempatkan seorang remaja ke dalam “pola pikir berkembang”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.