Kompas.com - 29/08/2021, 10:18 WIB
Ilustrasi kopi hitam. PIXABAY/COCOPARISIENNEIlustrasi kopi hitam.

KOMPAS.com - Minum kopi hingga tiga cangkir sehari ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, terutama dalam melindungi kesehatan jantung.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology.

Penelitian tersebut melihat perilaku minum kopi terhadap lebih dari 468.000 orang yang berpartisipasi dalam UK Biobank Study.

Juga, ditampung informasi genetik, serta catatan kesehatan pada lebih dari setengah juta orang di Inggris.

Baca juga: 4 Cara Bangkitkan Mood Kerja dengan Minum Kopi

Hasilnya menunjukkan, konsumsi kopi secara teratur yakni 0,5-3 cangkir kopi sehari pada orang-orang tanpa diagnosis penyakit jantung, menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, minum kopi dapat menurunkan risiko gagal jantung sekitar 5-12 persen dari waktu ke waktu dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti juga telah menemukan, minum kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi orang dewasa dari diabetes tipe 2, penyakit parkinson, penyakit hati, kanker prostat, alzheimer, sakit punggung, dan banyak lagi.

"Hubungan antara kafein dan pengurangan risiko gagal jantung sangat mengejutkan."

Demikian kata penulis senior dan Direktur Medis dari Colorado Center for Personalized Medicine di University of Colorado School of Medicine, Dr David Kao pada bulan April lalu.

Baca juga: Waktu Ideal Jeda Bangun Tidur dan Minum Kopi Pagi

"Kafein di dalam kopi sering dianggap buruk untuk jantung karena orang-orang mengasosiasikannya dengan jantung berdebar, tekanan darah tinggi, dan sebagainya," sambung dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.