Kompas.com - 15/09/2021, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Usia 30 tahun mungkin jadi dekade kehidupan paling sibuk bagi kebanyakan orang. Mulai dari kesibukan karir hingga membangun keluarga, semuanya membuat orang-orang yang menginjak usia 30 tahun merasa memiliki identitas yang lebih kuat.

Sayangnya, memasuki usia 30 tahun, perubahan fisik juga terjadi. Meskipun kondisi fisik setiap orang bisa berbeda-beda, namun ada sejumlah masalah kesehatan usia 30 tahun yang perlu diwaspadai.

Risiko masalah kesehatan juga diperburuk dengan pola hidup kurang gerak yang kini dilakukan kebanyakan orang. Pola hidup kurang gerak dapat meningkatkan faktor risiko seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi pada orang dewasa muda.

Tapi, apakah pasti kita memiliki masalah kesehatan ketika menginjak usia 30 tahun? Kabar baiknya, tentu tidak! Kita bisa mencegahnya dengan menerapkan pola hidup sehat secara rutin.

Faktor-faktor seperti pola makan, lingkungan, dan gaya hidup secara keseluruhan lebih berperan penting terhadap pengembangan masalah kesehatan usia 30 tahun ketikmbang faktor genetik.

Sebagian besar faktor risiko mengembangkan masalah kesehatan bisa dicegah jika membuat perubahan pola hidup mulai dari hari ini.

Baca juga: 15 Gangguan Kesehatan di Usia 40 Tahun yang Perlu Diwaspadai

Masalah kesehatan usia 30 tahun yang perlu diwaspadai

Berikut sejumlah masalah kesehatan usia 30 tahun yang perlu mulai diwaspadai:

1. Tekanan darah tinggi

Memasuki usia 30 tahun penting untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
SHUTTERSTOCK Memasuki usia 30 tahun penting untuk memeriksakan tekanan darah secara teratur untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Ahli bedah ortopedi dari University of Toledo Medical Center, Dr Anthony Kouri, MD mengatakan kepada Bustle, kesadaran dan pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang lebih tua meningkat secara signifikan selama 10 tahun terakhir.

Sayangnya, banyak orang dewasa muda tak sadar bahwa tekanan darah tinggi juga bisa dialami di usia yang lebih muda.

Menurut Kouri, sekitar 50 persen orang dewasa muda yang didiagnosis dengan hipertensi masih tak terobati. Ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan pengingkatan risiko kematian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.