Kompas.com - 16/09/2021, 14:41 WIB
Ilustrasi membaca buku KucherAVIlustrasi membaca buku

KOMPAS.com - Netizen Twitter kembali gaduh karena perdebatan terkait kebiasaan membaca novel fiksi.

Hal ini berawal dari salah satu akun yang mengunggah daftar novel bacaan Jisoo Blackpink. Diketahui jika penyanyi itu membaca sejumlah judul fiksi karangan para penulis terkenal seperti Haruki Murakami, JK Rowling dan F Scott Fitzgerald.

Banyak yang memujinya sebagai idol Kpop yang cerdas karena membaca berbagai judul buku terkenal itu. Selama ini, ia memang kerap tertangkap kamera sering membawa buku bacaan di sela-sela aktivitasnya.

Namun ada juga yang mencemoohnya karena daftar bacaan Jisoo yang dominan bergenre fiksi. Novel cerita rekaan dianggap sebagai bacaan ringan yang tidak bisa menentukan kecerdesaan orang begitu saja.

Baca juga: Resmi, YG Stage Perkenalkan Jisoo BLACKPINK sebagai Aktrisnya

Maka jadilah warganet sibuk berdebat dan membandingkan soal manfaat dan jenis buku yang dibaca oleh para idolanya.

Terlepas dari keriuhan tersebut, simak ringkasan lima novel fiksi bacaan Jisoo Blackpink yang jadi sumber perdebatan di media sosial itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Norwegian Wood

Norwegian Wood adalah novel best seller karangan penulis Haruki Murakami. Buku ini diterbitkan tahun 1987 dan laris di berbagai negara setelah diterjemahkan ke bahasa inggris tahun 2000.

Novel ini berkisah soal karakter utamanya, Toru Watanabe terkenang akan Naoko, gadis cinta pertamanya, yang kebetulan juga kekasih mendiang sahabat karibnya, Kizuki. Kisahnya menarasikan ingatan masa lalunya yang penuh warna.

Baca juga: Seri Novel Romantis yang Diadaptasi Menjadi Film, Bikin Baper!

Pride and Prejudice

Novel ini merupakan kisah fiksi romantis yang termasuk dalam literasi klasik Inggris. Ditulis oleh Jane Austen tahun 1813, buku ini bukan hanya menggambarkan kisah cinta namun sarat akan pandangan feminisme.

Pride dan Prejudice bercerita soal Elizabeth Benner, wanita Inggris yang menolak dijodohkan paksa demi mendapat kenyamanan hidup. Dalam buku ini, digambarkan perjuangan wanita untuk mendapatkan kebebasan dan persamaan hak di masyarakat kala itu.

the great gatsbyImdb.com the great gatsby

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.