Kompas.com - 25/09/2021, 14:57 WIB
Posisi side plank untuk menguatkan otot perut g-stockstudioPosisi side plank untuk menguatkan otot perut

KOMPAS.com - Perut yang tampak berbuku-buku alias six pack adalah dambaan pria maupun wanita yang gemar berolahraga. Penampilan otot perut yang kencang ini menjadi kebanggaan tersendiri dan ampuh mendongkrak rasa percaya diri.

Rutin berolahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan otot perut six pack. Butuh proses yang panjang disertai dengan menu olahraga khusus dan pola makan kaya nutrisi yang ketat.

Untuk mendapatkan perut yang berlekuk kencang ini, kita harus fokus pada olahraga yang optimal membakar lemak. Misalnya saja kardio dan sit up dengan menu yang tentunya amat diatur.

Untuk mengoptimalkan usaha kita mendapatkan perut six pack, berikut adalah saran dan nasihat dari Amy Golby, seorang pelatih pribadi dan ahli gizi olahraga ternama di AS.

Baca juga: Latihan Terbaik untuk Bentuk Otot Perut, Bisa Dicoba di Rumah

Konsumsi makanan yang tepat

"Sebenarnya perut six pack bergantung 80 persen pada diet, tepatnya, dengan hanya 20 persen tergantung pada olahraga," katanya.

Kuncinya adalah makan cukup makanan yang tepat pada waktu yang dibutuhkan tubuh sepanjang hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memenuhi kebutuhan kalori yang ideal, ia menyarakan konsumsi enam porsi kecil makanan kaya nutrisi per hari.

Selain itu, perut yang six pack mengharuskan kita mengutamakan makanan berprotein tinggi tanpa lemak seperti dada ayam dan ikan. Jika lebih aktif secara fisik sepanjang minggu, kita harus mengonsumsi protein setiap dua hingga tiga jam sehari.

Setelah itu, kita bisa membagi sisa asupan kalori menjadi karbohidrat dan lemak sehat. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi suplemen protein whey setelah berolahraga agar otot perut semakin mudah terbentuk.

Baca juga: Latihan Terbaik untuk Bentuk Otot Perut, Bisa Dicoba di Rumah

Fokus melatih otot perut

Perut memiliki otot yang cukup kompleks termasuk satu bagian inti yang terdiri dari enam area berbeda. Seluruhnya bergabung dan menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.