Kompas.com - 13/10/2021, 13:58 WIB
Meski mungkin dapat menurunkan berat badan dengan cepat, diet air putih bukanlah pendekatan yang dapat dipertahankan dalam jangka waktu panjang untuk menurunkan berat badan. UNSPLASH/ENGIN AKYURTMeski mungkin dapat menurunkan berat badan dengan cepat, diet air putih bukanlah pendekatan yang dapat dipertahankan dalam jangka waktu panjang untuk menurunkan berat badan.

KOMPAS.com - Diet air putih menjadi salah satu pola diet populer di masyarakat.

Meski mungkin dapat menurunkan berat badan dengan cepat, diet air putih bukanlah pendekatan yang dapat dipertahankan dalam jangka waktu panjang untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, menerapkannya dalam jangka panjang malah berisiko menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Apa itu diet air putih?

Diet air putih adalah pola diet di mana seseorang tidak makan dan minum apa pun selain air putih. Termasuk minuman seperti teh atau kopi.UNSPLASH/ENGIN AKYURT Diet air putih adalah pola diet di mana seseorang tidak makan dan minum apa pun selain air putih. Termasuk minuman seperti teh atau kopi.
Diet air putih adalah pola diet di mana seseorang tidak makan dan minum apa pun selain air putih. Termasuk minuman seperti teh atau kopi.

Menurut Medical News Today, tidak ada periode waktu yang ditentukan untuk melakukan diet air putih. Namun, saran medis umumnya menyarankan periode antara 24 jam hingga tiga hari sebagai waktu maksimum untuk tidak makan.

Sepanjang sejarah diet ini telah dilakukan oleh sebagian orang dengan alasan spiritual atau agama.

Karena diet air putih bukan praktik diet yang didukung secara luas oleh komunitas medis atau nutrisi arus utama, tidak ada pedoman yang seragam untuk pola diet ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Verywell Fit, sebagian besar tips dan praktik yang tersedia berasal dari individu tanpa latar belakang medis atau nutrisi apa pun.

Namun, ada beberapa klinik pengobatan alternatif yang menawarkan diet air putih dengan pengawasan atau menjalaninya karena rujukan dari penyedia layanan kesehatan.

Baca juga: 5 Alasan Minum Air Putih Dapat Menurunkan Berat Badan

Alasan melakukan diet air putih

Alasan utama yang menyebabkan beberapa orang mencoba mempraktikkan diet air putih adalah untuk meningkatkan kesehatan.PEXELS/MAURICIO MASCARO Alasan utama yang menyebabkan beberapa orang mencoba mempraktikkan diet air putih adalah untuk meningkatkan kesehatan.
Alasan utama yang menyebabkan beberapa orang mencoba mempraktikkan diet air putih adalah untuk meningkatkan kesehatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.