Kompas.com - 16/10/2021, 14:27 WIB
Siswa SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar mengikuti pembelajaran tatap muka Kamis pekan lalu (9/9/2021) KOMPAS.COM/ASIP HASANISiswa SDN Kepanjenlor 2 Kota Blitar mengikuti pembelajaran tatap muka Kamis pekan lalu (9/9/2021)

KOMPAS.com - Pemerintah mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi anak TK dan SD di sejumlah daerah dengan sejumlah persyaratan.

Kebijakan ini memunculkan sejumlah dilema bagi sebagian besar orangtua. Banyak yang khawatir dengan kondisi kesehatan anaknya dan keamanannya berkaitan dengan penyebaran virus Corona.

Terlebih lagi, anak usia dini di Indonesia belum bisa mendapatkan akses vaksin COVID-19. Solusinya, anak wajib mengenakan masker sepanjang proses pembelajaran di sekolah.

Banyak orangtua yang bertanya-tanya jenis masker apa yang sebaiknya digunakan anak untuk menjamin kesehatannya.

Baca juga: Kiat Anak Jaga Imunitas Anak Selama Sekolah Tatap Muka

Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), memberikan pendapatnya soal kebingungan para orangtua ini.

Menurutnya, masker yang sebaiknya dipakai buah hati ketika PTM adalah jenis masker kesehatan sekali pakai yang khusus dirancang untuk anak-anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pakai masker kesehatan anak saja sudah paling baik, jangan respirator karena malah membuat anak tidak betah," jelasnya di sela-sela virtual press release, Jumat (15/10/2020).

Ia berpendapat, masker anak telah dirancang khusus untuk ukuran dan fitur wajah anak. Hal ini membuat kerapatannya terjaga sehingga fungsinya lebih optimal untuk menghindari paparan virus.

Selain itu, bahan dan filtrasinya juga telah disesuaikan untuk kebutuhan anak. Karena itu, anak bisa lebih nyaman dan betah ketika menggunakan masker selama menjalani PTM.

Agus mengatakan, memaksakan anak menggunakan respirator hanya akan membuat mereka tidak betah dan kemudian melepaskannya. Hal ini membuat tujuan seharusnya tidak terpenuhi karena anak merasa pengap.

Ia juga mengingatkan orangtua untuk mengajari anak cara menyimpan masker yang benar. Meletakkan masker sembarangan dapat membuatnya terpapar virus atau bakteri yang tentunya tidak baik untuk kesehatan anak.

Baca juga: Ketahui Bahaya Pakai Masker Berulang Kali

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.