Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2021, 11:23 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di zaman sekarang, dapatkah kita membayangkan ada suatu produk fesyen yang benar-benar bebas dari jejak karbon

Memang sulit untuk mendapatkannya, tetapi bukan berarti tak ada yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan sambil tetap bergaya.

Dengan gerakan berkelanjutan saat ini industri tekstil akan mempertimbangkan efek lingkungan dari produksi pakaian.

Dari mencetak sepatu 3D yang dapat didaur ulang, hingga produk biomaterial baru yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan berteknologi tinggi, membuat dunia mode menjadi berubah.

Kini, industri fesyen sedang berupaya menggunakan berbagai inovasi dan tekadnya untuk tidak lagi menjadi industri paling berpolusi di dunia.

Baca juga: Sejauh Mata Memandang, Menjaga Bumi dengan Fesyen Berkelanjutan

Salah satu buktinya adalah merancang pakaian dan aksesoris yang bebas jejak karbon tidak lagi menjadi ranah fiksi ilmiah belaka.

Bahkan, saat ini, hanya dengan membuka internet kita sudah dapat membeli kacamata, tas, dan casing untuk smartphone dan laptop yang terbuat dari gas rumah kaca.

Mengambil inspirasi dari alam

Saat industri fesyen tengah berupaya secara bertahap mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, sebuah perusahaan asal California, AS merintis produk aksesoris yang bebas karbon dan tersertifikasi. Semua dibuat secara alami dari gas rumah kaca.

Salah satu produk yang dibuat dari pengolahan gas rumah kaca menjadi aksesoris fesyen adalah AirCarbon, produk karbon biomaterial yang diproduksi Newlight Technologies selama lebih dari satu dekade.

Baca juga: Konsumsi Makan dengan Jejak Karbon Rendah Bantu Selamatkan Lingkungan

AirCarbon dibuat dari mikroorganisme alami di laut -sekarang juga dapat ditemukan di tangki besar berisi air garam yang dicampur dengan metana di pabrik perusahaan- yang memberi makan terutama pada udara dan gas rumah kaca.

Dalam pengolahannya sel mereka kemudian diubah menjadi polihidroksibutirat (PHB).

Perusahaan tersebut mengatakan bahan biomaterial yang dapat dilebur dan kemudian didinginkan, termasuk dibuat menjadi serat, lembaran, termasuk benda padat.

AirCarbon dapat menggantikan plastik sintetis dan kulit hewan karena alami, tidak beracun, dan dapat didaur ulang secara berkelanjutan.

Oleh sebab itu, tak mengherankan apabila NIKE memutuskan menggandeng Newlight Technologies sebagai mitranya.

Bahkan, di masa depan tidak menutup kemungkinan kita dapat memiliki sepatu kets bebas karbon yang dibuat dari bahan biomaterial dengan logo swoosh milik NIKE.

Baca juga: Sepatu Berkelanjutan Adidas UltraBoost 21 dari Plastik Daur Ulang, Mau?

Kemewahan ada di dekat genggaman

Newlight Technologies sebagai perusahaan yang ingin membuat produk bebas karbon, memiliki potensi untuk menawarkan aksesoris fesyen sendiri yang terbuat dari AirCarbon.

Tidak puas hanya menjual polimer yang dapat terurai secara hayati ke brand atau produsen fesyen lain, melalui Covalent -yang merupakan brand-nya sendiri- mereka juga menjual kacamata hitam yang bebas karbon, tas jinjing, dompet, barang-barang kulit kecil, dan case smartphone dan laptop.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com