Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 11:28 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memasuki masa transisi Covid-19 dari pandemi menjadi endemi, masyarakat diingatkan agar tidak kendur menjalankan protokol kesehatan. Bahaya Covid-19 belum sepenuhnya lewat dan situasi masih rentan.

Para ahli menilai, situasi saat ini belum sepenuhnya aman karena mobilitas penduduk yang terus meningkat. Titik rawan berada pada liburan akhir tahun.

Pada akhir tahun juga berbarengan dengan tren penurunan antibody, sehingga ada ancaman gelombang tiga pandemi.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Agus Suprapto menegaskan pentingnya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Virus ini menguji endurance (ketahanan) kita semua untuk tetap disiplin Prokes, serta bersama- sama mendorong upaya 3T,” ujar Agus dalam Dialog Produktif Media Center Forum Merdeka Barat 9 - KPCPEN, Selasa (19/10).

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Luhut Paparkan 4 Upaya yang Akan Dilakukan

Tidak dapat dipungkiri, masyarakat memang harus selalu diingatkan bahwa meski telah melandai, tapi pandemi belum selesai.

Pembukaan kembali aktivitas masyarakat, bukan berarti ada pelonggaran pada Prokes. Hal ini ditekankan oleh Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting.

Ia juga menegaskan, cakupan vaksinasi harus terus dikejar sebelum libur akhir tahun, agar jangan sampai ada kelompok rentan yang tertinggal upaya vaksinasi.

“Ini adalah perjuangan semesta melawan bencana biologis berupa virus,” papar Alexander.

Campaign Director Gerakan Pakai Masker, Fardila Rachmilliza juga menegaskan pentingnya tetap memakai masker walau sudah divaksin.

“Kita ingatkan fakta, bahwa disiplin memakai masker menurunkan risiko penularan hingga 80 persen dan vaksinasi lengkap bisa menurunkan risiko kematian 73 persen,” jelas Dilla.

Menurutnya, memakai masker sama seperti memakai baju sehingga harus selalu dikenakan saat bertemu orang lain.

Baca juga: Disiplin Prokes Jadi Kunci Hidup Berdampingan dengan Covid-19

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com