Kompas.com - 26/10/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com – Ketika mood sedang buruk, sebagian orang biasanya akan melampiaskan kekesalannya itu pada makanan. Setelah menghabiskan makanan atau minuman, yang biasanya tinggi kalori, mood buruk pun hilang seketika.

Makanan memang diketahui berpengaruh besar pada mood kita.

“Makanan yang kita makan tak hanya bisa berdampak pada mood, tapi juga pola tidur dan tingkat energi kita. Dampak tersebut bisa terjadi sepanjang hari,” ujar psikolog Susan Albers, PsyD.

Albers juga mengatakan bahwa perubahan musim juga dapat berujung pada meningkatkan emotional eating atau makan secara berlebihan saat stres meski tidak lapar.

Di negara empat musim, biasanya seseorang akan merasa galau saat musim dingin atau gugur karena siang hari yang cenderung lebih sebentar. Kebanyakan akan memakan snack manis dan makan lebih banyak di malam hari.

Baca juga: 4 Cara Bangkitkan Mood Kerja dengan Minum Kopi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Nah di negara dua musim seperti Indonesia, kegalauan biasanya muncul saat cuaca dingin karena produksi serotonin yang menurun.

Walau demikian, kita harus mengalahkan keinginan untuk makan saat stres. Apalagi beberapa jenis makanan yang kita idamkan biasanya adalah makanan manis, bertepung, dan makanan olahan.

Pasalnya, meski memberi dorongan energi dengan cepat, makanan tinggi gula serta makanan berbasis tepung seperti roti, biskuit, membuat energi kita lebih rendah dan membuat suasana hati memburuk.

Makanan sehat untuk meningkatkan mood

Alih-alih makanan tinggi kalori, sebenarnya cukup banyak makanan sehat yang bisa meningkatkan mood kita. Misalnya, berikut ini.

Makanan tinggi vitamin D

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.