Kompas.com - 27/10/2021, 14:35 WIB
Mencoba cara mengobati hidung tersumbat secara rumahan tak hanya hemat biaya, tetapi juga berisiko lebih rendah. FREEPIK/KATEMANGOSTARMencoba cara mengobati hidung tersumbat secara rumahan tak hanya hemat biaya, tetapi juga berisiko lebih rendah.


KOMPAS.com - Hidung tersumbat bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti pilek, flu, alergi, dan lainnya.

Apapun pemicunya, kondisi ini sangatlah tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Menemukan cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif dapat membantu kita meredakannya lebih cepat sehingga bisa beraktivitas secara normal.

Beberapa obat yang tersedia di pasaran, termasuk dekongestan, sering kali dapat menjadi cara mengatasi hidung tersumbat dan sakit kepala yang menyertainya. Meski begitu, bergantung pada obat-obatan tersebut tidaklah baik, terutama untuk jangka panjang.

Menurut Everyday Health, menggunakan dekongestan selama lebih dari tiga sampai lima hari dapat menyebabkan pembengkakan kembali di saluran hidung, yang malah dapat memicu lingkaran setan.

Kondisi ini selain dapat membuat kita memerlukan lebih banyak obat, tetapi peningkatan dosis juga dapat menyebabkan kehilangan efektivitasnya, sehingga kita mungkin perlu menggunakannya lebih banyak lagi.

Mencoba cara mengobati hidung tersumbat secara rumahan tak hanya hemat biaya, tetapi juga berisiko lebih rendah.

Baca juga: Obat Pilek Alami dari Bahan yang Ada di Dapur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara mengobati hidung tersumbat dengan cara rumahan

Berikut beberapa cara mengobati hidung tersumbat yang dapat kita praktikkan di rumah:

1. Menghirup uap hangat

Sebagian orang merasa menghirup uap cukup efektif sebagai cara mengobati hidung tersumbat.FREEPIK Sebagian orang merasa menghirup uap cukup efektif sebagai cara mengobati hidung tersumbat.
Sebagian orang merasa menghirup uap cukup efektif sebagai cara mengobati hidung tersumbat.

Ini dapat dilakukan dengan cara sederhana, yakni mengisi air hangat ke dalam mangkuk kemudian menambahkan minyak atsiri chamomile atau peppermint, atau sekadar mandi air hangat.

Hindari menggunakan air mendidih dan pastikan meletakkan mangkuk air pada permukaan rata, untuk mencegah tumpah.

Menurut Medical News Today, kehangatan dan kelembapan dari uap dapat membantu menenangkan selaput di dalam hidung, sehingga memberikan kelegaan sementara.

Selain itu, ada pula teori yang menganggap bahwa cara ini memungkinkan lendir mengalir lebih baik dan dapat membantu membunuh virus.

Namun, belum ada cukup bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa menghirup uap adalah cara mengobati hidung tersumbat yang efektif.

Hasil uji coba tahun 2016 menunjukkan bahwa uap tidak berdampak pada hidung tersumbat akibat sinusitis berulang.

Selain itu, ulasan pada 2017 juga tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa uap dapat bermanfaat untuk seseorang yang mengalami flu biasa, namun juga tidak membahayakan.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

2. Menghirup uap dari humidifier

Kelembapan ekstra melalui humidifier dapat memberikan kelegaan dan menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat.FREEPIK/PVPRODUCTIONS Kelembapan ekstra melalui humidifier dapat memberikan kelegaan dan menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat.
Kelembapan ekstra melalui humidifier dapat memberikan kelegaan dan menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat.

Humidifer membantu meredakan hidung tersumbat dengan menambah kelembapan udara sehingga membantu mengencerkan lendir di hidung.

Humidifer hangat maupun dingin sama-sama efektif. Namun, jika mencari cara mengobati hidung tersumbat pada anak, dianjurkan memilih humidifer dingin untuk menghindari kabut panas.

Selain itu, pastikan menjaga humidifer tetap bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan Humidifier

3. Mengatasi hidung tersumbat dengan semprotan garam

Menggunakan saline spray atau semprotan garam bisa menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat dengan membantu menurunkan peradangan jaringan di hidung dan mengurangi mampet.SHUTTERSTOCK/Alliance Images Menggunakan saline spray atau semprotan garam bisa menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat dengan membantu menurunkan peradangan jaringan di hidung dan mengurangi mampet.
Menggunakan saline spray atau semprotan garam bisa menjadi salah satu cara mengobati hidung tersumbat dengan membantu menurunkan peradangan jaringan di hidung dan mengurangi mampet.

Uji coba 2016 yang melihat efektivitas menghirup uap juga melihat dampak semprotan ini terhadap hidung.

Para penulis menyimpulkan, irigasi hidung dengan semprotan garam tampaknya memiliki beberapa manfaat bagi orang-orang dengan hidung tersumbat akibat sinusitis kronis.

Larutan untuk semprotan garam dapat dibeli baik secara online maupun di toko-toko penjual obat dan alat kesehatan.

Baca juga: Cuci Hidung Saat Terinfeksi Covid-19, Jangan Pakai Sembarang Air Garam

4. Meredakan hidung tersumbat dengan neti pot

Neti pot dapat membantu meredakan saluran hidung yang kering atau membilas sinus. Dapat dicoba sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.SHUTTERSTOCK/NULLPLUS Neti pot dapat membantu meredakan saluran hidung yang kering atau membilas sinus. Dapat dicoba sebagai cara mengatasi hidung tersumbat.
Neti pot dapat membantu meredakan saluran hidung yang kering atau membilas sinus.

Gunakan neti pot menggunakan air atau larutan garam untuk membantu mengeluarkan dan melembapkan lubang hidung. Jangan gunakan air keran karena bisa mengandung bakteri dan tidak cocok untuk digunakan dalam neti pot atau perangkat pembilasan lainnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memberi peringatan untuk mengambil tindakan demi mengurangi risiko infeksi.

Tindakan pencegahan tersebut antara lain menggunakan air suling, steril, atau air yang sudah direbus dan didinginkan sebelumnya.

Ikuti petunjuk untuk perangkat dengan hati-hati dan pastikan perangkat bersih dan kering saat tidak digunakan.

Sebelum digunakan, jangan lupa mencuci dan mengeringkan menggunakannya.

Sebelum mempraktikkan cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau akan digunakan untuk anak.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

5. Kompres air hangat

Mengaplikasikan kompres hangat bisa membantu sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi pada sinus.FREEPIK/BEARFOTOS Mengaplikasikan kompres hangat bisa membantu sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi pada sinus.
Mengaplikasikan kompres hangat bisa membantu sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dan meningkatkan sirkulasi pada sinus.

Untuk menggunakannya, rendam kain dalam air hangat dan peras kelebihan airnya. Kemudian, aplikasikan ke hidung atau dahi.

Baca juga: Manfaat Mandi Air Hangat di Tengah Masa Pandemi

6. Minum teh atau makan sup

Banyak orang merasa minum air hangat, seperti teh, atau mengonsumsi sup hangat bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Namun pada intinya, penting untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi, terutama jika kondisi tubuh sedang tidak baik. SHUTTERSTOCK/EVY ALISHA Banyak orang merasa minum air hangat, seperti teh, atau mengonsumsi sup hangat bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Namun pada intinya, penting untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi, terutama jika kondisi tubuh sedang tidak baik.
Banyak orang merasa minum air hangat, seperti teh, atau mengonsumsi sup hangat bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat. Namun pada intinya, penting untuk menjaga tubuh kita tetap terhidrasi, terutama jika kondisi tubuh sedang tidak baik.

Efek cairan panas pada hidung mampet sebagian besar dapat dikaitkan dengan efek plasebo.

Dalam sebuah studi, para peneliti membagi sekelompok orang dengan gejala pilek dan flu menjadi dua kelompok kecil.

Satu kelompok diberikan minuman suhu kamar dan setengah lainnya minuman panas.

Para penelitian tidak menemukan ada perbaikan terukur pada hidung tersumbat di kedua kelompok tersebut.

Namun, kelompok yang mengonsumsi minuman panas melaporkan pengurangan gejala yang lebih besar.

Para peneliti juga berspekulasi bahwa selain efek plasebo, rasa minuman panas juga berkontribusi pada respons yang menguntungkan.

Minum teh hangat cenderung tidak berbahaya bagi kesehatan, jadi tak masalah untuk mencoba perawatan ini jika sedang mencari cara mengatasi hidung tersumbat.

Cobalah konsumsi teh panas, seperti chamomile dan teh hijau, sup panas, atau segelas air panas dengan sedikit madu dan sedikit lemon.

Cairan hangat ini sudah digunakan secara tradisional di banyak budaya dan aman. Namun, bukti penelitian terkait hal ini masih sangat terbatas, terutama soal penggunannya untuk mengatasi hidung tersumbat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.