Kompas.com - 28/10/2021, 08:28 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Tak sedikit orang yang punya kebiasaan menyeruput secangkir kopi panas di pagi hari dengan tujuan meningkatkan semangat dan suasana hati.

Namun banyak dari mereka yang meminum kopi di pagi hari hanya menganggapnya sebagai rutinitas dan kebutuhan, bukan sebagai bagian dari sarapan sehat.

Padahal siapa sangka meminum kopi di pagi hari bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan kita, mulai dari menurunkan risiko terkena penyakit hingga meningkatkan fungsi otak.

Bahkan, menurut Alissa Rumsey, MS, RD, ahli diet yang berbasis di New York City dan penulis Unapologetic Eating, asupan kopi di pagi hari bisa meningkatkan fungsi kognitif seseorang, melindungi tubuh dari penyakit degeneratif, kesehatan jantung lebih baik, dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca juga: 3 Manfaat Minum Kopi bagi Kesehatan Jantung

Agar lebih memahami manfaat meminum kopi di pagi hari, simak paparan berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kaya akan vitamin dan mineral penting

Mengapa kopi dianggap sebagai superfood? Sebab, kopi sarat dengan vitamin dan mineral penting seperti riboflavin, asam pantotenat, magnesium, serta senyawa bioaktif yang menangkal penyakit.

Bahkan, menurut Claire Carlton MS, RD, LD/N, ahli gizi dan kesehatan pencernaan yang berbasis di North Carolina, kopi mengandung asam klorogenik, sekelompok polifenol yang memiliki efek antioksidan dan terbukti membantu mengurangi peradangan.

Mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker

Asupan kopi dengan intensitas sedang kerap dikaitkan dengan berbagai pencegahan penyakit berbahaya.

Halaman:


Sumber Yahoo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.