Kompas.com - 08/11/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Ada berbagai cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Cara menjaga kesehatan jantung termasuk mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat, rutin berolahraga, dan mengurangi kebiasaan buruk, seperti merokok.

Baca juga: Diet Tanpa Olahraga Apakah Bisa Berhasil?

Cara menjaga kesehatan jantung

Berikut sejumlah cara menjaga kesehatan jantung yang dapat kita praktikkan sehari-hari:

1. Makan lemak sehat, menghindari lemak trans

Mengurangi sumber lemak trans, seperti makanan yang digoreng, dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.Dok. Shutterstock/Nur El Imany Mengurangi sumber lemak trans, seperti makanan yang digoreng, dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.
Lemak adalah salah satu sumber gizi makro yang penting untuk tubuh kita, termasuk lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh.

Satu jenis lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans karena berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Menurut Cleveland Clinic, lemak trans dapat menyumbat arteri dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

Mengurangi asupan lemak trans dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Lemak trans banyak digunakan dalam makanan panggang kemasan, camilan, margarin, dan makanan cepat saji yang digoreng sehingga menambah rasa dan tekstur.

Selain menghindari terlalu banyak makanan yang digoreng, cobalah lebih cermat dalam membaca label makanan. Lemak trans biasanya tertulis sebagai minyak terhidrogenasi parsial.

Carilah makanan dengan 0 persen lemak trans.

Baca juga: 7 Makanan yang Mengandung Lemak Trans untuk Diwaspadai

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.