Kompas.com - 09/11/2021, 10:17 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Serangan jantung adalah suatu keadaan darurat medis yang dapat memengaruhi seluruh hidup kita dan bisa berakibat fatal.

Tetapi, dengan menerapkan perubahan gaya hidup yang lebih sehat dan mengikuti panduan dokter, kita dapat memainkan peran besar dalam pemulihan, serta membantu mencegah terjadinya serangan jantung di masa depan.

Ahli jantung intervensi, Grant Reed, MD, mengatakan bahwa serangan jantung harus diperlakukan seperti pengalaman yang mengubah hidup.

Dan kita perlu mengambil peran aktif dalam kesehatan guna membantu pemulihan dari serangan jantung.

Menurut American Heart Association (AHA), 1 dari 5 orang yang mengalami serangan jantung biasanya akan dirawat kembali di rumah sakit untuk kedua kalinya dalam waktu lima tahun.

Namun, dengan perawatan diri yang tepat dan fokus pada kesehatan, kita dapat menurunkan risiko kambuh.

"Mengikuti pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk jantung, minum obat sesuai resep, berhenti merokok, serta berpartisipasi dalam rehabilitasi jantung dapat memaksimalkan peluang kita untuk pemulihan setelah serangan jantung," jelasnya.

Baca juga: Ketahui 5 Tanda Serangan Jantung Ringan

Waktu pemulihan

Kebanyakan orang dapat kembali bekerja atau melanjutkan aktivitas antara dua minggu hingga tiga bulan setelah serangan jantung.

Tetapi, waktu pemulihan individu juga tergantung pada sejumlah faktor, termasuk:

• Seberapa dini serangan jantung yang terjadi dan penanganannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.