Kompas.com - 25/11/2021, 11:27 WIB
Berdasarkan sejumlah studi, manfaat daun pandan ternyata sangat beragam, termasuk untuk kesehatan rambut, meredakan nyeri, meredakan kulit yang terpapar matahari, dan mengusir kecoa. SHUTTERSTOCK/BACKGROUNDYBerdasarkan sejumlah studi, manfaat daun pandan ternyata sangat beragam, termasuk untuk kesehatan rambut, meredakan nyeri, meredakan kulit yang terpapar matahari, dan mengusir kecoa.

KOMPAS.com - Manfaat daun pandan yang paling umum diketahui adalah sebagai bahan masakan atau untuk membuat kue dan minuman.

Padahal, berdasarkan sejumlah studi, manfaat daun pandan ternyata sangat beragam, termasuk untuk kesehatan rambut, meredakan nyeri, meredakan kulit yang terpapar matahari, dan mengusir kecoak.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa didapatkan lewat beberapa cara, seperti dicampurkan ke dalam nasi hangat, sup, kari, atau minuman.

Baca juga: 7 Pilihan Teh Herbal untuk Meredakan Batuk

Manfaat daun pandan

Berikut beberapa manfaat daun pandan yang bisa kita dapatkan:

1. Meredakan rasa sakit

Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah membantu meredakan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi.FREEPIK Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah membantu meredakan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi.
Salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah membantu meredakan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut WebMD, para peneliti menemukan, minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokomia. Adapun fitokimia dikenal dapat membantu meredakan gejala radang sendi.

Selain itu, daun pandan juga diyakini mampu membantu meringkankan sakit kepala dan sakit telinga.

2. Mencegah penyakit jantung

Sejumlah atudi mendukung klaim bahwa salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung.Shutterstock/CGN089 Sejumlah atudi mendukung klaim bahwa salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung.

Sejumlah studi mendukung klaim bahwa salah satu manfaat daun pandan untuk kesehatan adalah baik untuk kesehatan jantung.

Daun pandan ditemukan mengandung sumber karotenoid yang baik. Kelas antioksidan ini dikenal mampu mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis atau penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Sakit Jantung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.