Kompas.com - 22/11/2021, 11:52 WIB
ilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes. SHUTTERSTOCK/Oleksandra Naumenkoilustrasi makanan bergizi untuk penderita diabetes.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan suatu kondisi ketika jantung mengalami gangguan akibat penyempitan pembuluh darah di jantung.

Sayangnya, tidak semua orang dapat merasakan gejala-gejala yang jelas bahwa mereka terkena jantung. Jadi, penyakit ini bisa mengakibatkan kondisi yang serius, termasuk kematian.

Namun, bukan berarti jika seseorang didiagnosis menderita penyakit jantung, dia tidak dapat hidup lama dan sehat.

Dengan olahraga yang cukup, diet yang tepat, dan perawatan medis rutin, seseorang tetap bisa mengelola penyakit jantung dan mengurangi risiko kejadian kesehatan yang merugikan di kemudian hari.

Nah, untuk terus melindungi kesehatan, simak daftar makanan mana yang direkomendasikan ahli diet untuk penderita penyakit jantung, seperti berikut ini.

1. Kacang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang mengandung protein nabati.PEXELS/DAVID DISPONETT Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang mengandung protein nabati.
Meskipun kacang mungkin tinggi lemak, para ahli mengatakan bahwa kacang masih dapat dimasukkan dalam makanan sehat, bahkan bagi orang yang memiliki penyakit jantung.

"Kacang adalah pembangkit tenaga antioksidan, lemak sehat, dan serat," kata ahli gizi dan pendiri Health Dynamics, LLC, Tina Marinaccio, MS, RD, CPT.

"Mengonsumsinya 28 gram per minggu juga bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi peradangan dalam tubuh," sambung dia.

Namun, Marinaccio merekomendasikan kita untuk tidak mengonsumsi kacang secara berlebihan. 

Halaman:


Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.