Kompas.com - 27/11/2021, 14:00 WIB
Menu sarapan pagi yang sehat perlu mencakup sumber karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. SHUTTERSTOCK/MagdanatkaMenu sarapan pagi yang sehat perlu mencakup sumber karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak.

KOMPAS.com – Banyak orang mengangap sarapan dan berat badan adalah dua hal terpisah. Ketika ingin menurunkan berat badan, maka sarapan adalah waktu makan yang sering dilewatkan. 

Padahal, sarapan termasuk waktu makan yang penting dalam satu hari.

Nah, agar tak bingung, mungkin kita bisa mencoba memperhatikan tips dari ahli diet berikut ini:

Cukup protein

Salah satau kebiasaan sarapan terbaik dan paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah mengonsumsi protein yang cukup.

"Protein adalah makronutrien utama penyebab rasa kenyang dan dapat membantu mengurangi kebiasaan mencari makanan ringan segera setelah sarapan," kata ahli gizi Courtney D'Angelo, MS, RD, penulis di GoWellness.

Jadi, kita bisa mencoba memakan makanan seperti telur, yogurt, dan sosis kalkun, atau menambahkan bubuk protein ke kopi atau smoothie.

Baca juga: Ingin Jaga Pola Makan Saat Liburan? Asuplah Protein

Meminum air yang cukup

D'Angelo juga percaya bahwa minum air sebelum, selama, dan setelah sarapan adalah salah satu kunci penurunan berat badan yang sehat.

"Tetap terhidrasi mendukung sistem pencernaan yang sehat, dan memiliki pencernaan yang sehat dapat menyebabkan berat badan yang sehat," kata D'Angelo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.