Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 30/01/2023, 06:17 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rupanya secangkir kopi favoritmu bukan hanya membuat kita semangat dalam menjalani hari, namun juga dapat menggambarkam karakter yang meminumnya, bahkan, menunjukkan apa yang kita sukai dan tidak sukai.

Menariknya, ada beberapa studi yang memang menunjukkan kecenderungan tersebut.

Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan di situs People, menyebutkan bahwa mereka yang menyukai kop dingin biasanya lebih suka Instagram (27 persen), sementara pecinta kopi panas lebih aktif di Facebook (35 persen).”

Studi yang sama juga mengemukakan bahwa “mereka yang menyukai minuman dingin dan kopi es lebih cenderung menyukai cuaca cerah (40%), menonton acara fiksi ilmiah (37%), dan lebih cenderung menjadi bagian dari Gen -Z (40%).”

Studi lain juga menyoroti banyak perilaku berdasar pilihan kopi kita. Misalnya, bagaimana kita bereaksi di bawah tekanan? Apakah kita santai atau lebih gampang gugup? Apakah kita sabar atau tidak? Lalu, apakah kita seorang introvert atau ekstrovert, dan seberapa baik kita sebagai pemimpin?

Baca juga: 8 Bahasa Tubuh yang Bisa Menunjukan Mood dan Karakter Kita

Karakter berdasarkan pilihan kopi

Nah, melansir Lifestyle Asia, ada barista berpengalaman yang mungkin dapat memberi tahu kita soal pilihan kopi seseorang dengan karakternya. Tertarik?

Si pecinta kopi hitam

Penyuka kopi hitam cenderung orang yang lugas dan suka menjaga hal-hal sederhana dan teratur.

Sama seperti kopi yang disukai, hitam, tanpa susu atau gula — mereka adalah orang yang terkadang keras kepala namun cenderung menghindari argumen dan konflik.

Lalu, meskipun sabar dan efisien, mereka juga bisa tahan terhadap perubahan.

Si penyuka ristretto

Jarang orang menyukai ristretto, yakni sejenis espresso yang sangat kuat dan pekat.

Dalam bahasa Italia, ristretto berarti dibatasi. Sementara menurut Starbucks, ristretto adalah "espresso short shot, yang berarti barista hanya mengambil bagian pertama dari espresso dengan full-length shot."

Para penyuka ristretto biasanya sadar diri dan jujur, dengan kepribadian yang unik seperti kopinya yang sedikit manis.

Baca juga: Membaca Karakter Lewat Tulisan Tangan

Si pecinta kopi instan

Sebagai orang yang suka menjalani hari apa adanya dan tidak terlalu banyak merencanakan sesuatu, biasanya penyuka kopi instan punya kebiasaan menunda-nunda, dan melihat sesuatu secara luas, bukan detail kecil.

Kamu yang menyukai kopi instan biasanya akan memperhatikan kehidupan saat ini dan memprioritaskan kebahagiaan yang datang secara alami. Multitasking dan belanja dengan bijak juga merupakan beberapa sifat penyuka kopi ini.

Lalu, sama seperti kopi kesukaannya, mereka lebih menyukai hasil yang cepat, menyukai kenyamanan, dan memiliki kepribadian yang optimis. Jika memiliki merek kopi sendiri, mungkin akan memiliki tagline:Kopi instan, kenyamanan instan.”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com