Kompas.com - 30/11/2021, 15:43 WIB
Ilustrasi pose yoga Shutterstock/fizkesIlustrasi pose yoga

 

KOMPAS.com - Bagi para pecinta yoga, istilah cakra tentu tidaklah asing di telinga mereka. Mereka yang suka mengikuti kelas yoga biasanya diajak untuk menyeimbangkan cakra dalam tubuh, karena dari sinilah energi manusia terpancar.

Para pakar kesehatan sering memuji manfaat dari menjaga keseimbangan. Ini juga bisa dilakukan dengan makan makanan kaya nutrisi, berolahraga untuk mengurangi stres, atau mencari aktivitas positif untuk menjaga kesehatan mental.

Keseimbangan juga merupakan bagian yang berkesinambungan dengan yoga. Tidak hanya secara fisik, tetapi yoga dikaitkan dengan membangun kekuatan dan kelenturan otot, serta sebagai latihan pengalaman spiritual.

Apa itu cakra?

Cakra yang diambil dari bahasa Sansekerta mempunyai arti "roda" atau "lingkaran". Disebut demikian karena pusat-pusat energi ini berputar seperti roda.

Cakra dipercaya sebagai konsep historis yang terkait dengan India kuno, Buddhisme Tibet, dan kepercayaan lainnya.

Dalam hal ini, cakra dianggap sebagai tempat berpusatnya energi di tubuh manusia. Energi yang disebut prana ini, bisa diseimbangkan melalui latihan yoga disertai teknik pernapasan.

“Cakra adalah pusat energi hidup, yang bisa diperkuat dengan latihan napas, pikiran positif, meditasi, dengan makan sehat, dan dengan berolahraga," ujar seorang terapis yoga, Judi Bar.

"Kekuatan hidup atau energi ini dalam tubuh kita, merespons atau bisa meluas ke hal-hal yang lebih positif," tambahnya.

Dalam yoga, energi prana bisa dimaksimalkan untuk beredar di sekitar tubuh melalui saluran yang disebut nadi. Saluran ini juga dikenal dalam ilmu akupunktur, suatu bentuk pengobatan kuno yang melibatkan jarum kecil.

"Ketika jarum dimasukkan ke dalam tubuh selama akupunktur, ia mengikuti garis melalui tubuh kita yang membantu mendukung energi dan membersihkan energi," kata Bar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.