Kompas.com - 14/01/2022, 07:01 WIB
Ilustrasi ShutterstocksIlustrasi

KOMPAS.com - Stres adalah gangguan terhadap psikis yang bisa dialami setiap orang tanpa memandang usia maupun latar belakang.

Stres yang sering dipandang merugikan ternyata merupakan reaksi yang normal ketika seseorang dihadapkan pada suatu masalah.

Sesungguhnya, tubuh manusia dirancang untuk mengalami stres dan bereaksi terhadapnya.

Ketika seseorang mengalami perubahan atau tantangan, tubuh akan menghasilkan respons fisik dan mental. Dan, inilah yang kemudian disebut sebagai stres.

Meski stres adalah reaksi yang wajar, faktanya respons orang saat mengalami stres berbeda satu sama lain.

Baca juga: Apakah Stres Memicu Tekanan Darah Tinggi?

Ada yang kuat menghadapi stres, tapi tak sedikit pula yang menyerah karena alasan tertentu.

Stres akan terasa semakin berat bila penyebabnya berasal dari trauma masa lalu, seperti rasa kecewa, dendam, perasaan tidak dihargai, maupun pengalaman emosional lainnya.

Tapi, menurut dokter spesialis jiwa RS Siloam Bogor, dr. Lahargo Kembaren, Sp.KJ, stres sebenarnya bisa diubah menjadi positif agar seseorang tetap waspada dan termotivasi.

Hal ini diungkapkan dr. Lahargo dalam obrolannya bersama Didiet Maulana, desainer kondang Tanah Air, melalui siaran langsung Instagram @didietmaulana, Kamis (13/1/2021) malam.

"Respons stres membantu tubuh menyesuaikan diri dengan situasi baru. Tetapi stres menjadi masalah ketika stresor berlanjut tanpa kelegaan atau periode relaksasi," ujar Lahargo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.