Kompas.com - 08/02/2022, 14:44 WIB

KOMPAS.com - Topik mengenai cara menurunkan berat badan tak pernah ada habisnya untuk dibahas.

Ada beberapa cara yang dianggap efektif untuk menurunkan berat badan seperti diet teratur atau menjalani olahraga kardio.

Namun itu bukan satu-satunya cara. da beberapa hal lain yang bisa membantu kita menurunkan berat badan, misalnya dengan tidur selama 8,5 jam semalam.

Fakta itu terungkap melalui studi terbaru yang dilakukan para peneliti di University of Chicago dan University of Wisconsin-Madison.

Mereka mendapati dengan meningkatkan durasi tidur menjadi 8,5 jam per malam, jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari akan berkurang.

Para peneliti selama 4 minggu mengamati 80 orang dewasa berusia 21 hingga 40 tahun yang dianggap kelebihan berat badan.

Mereka yang menjadi peserta penelitian ini memiliki durasi tidur yang kurang dari 6,5 jam per malam.

Melalui uji klinis acak, sebagian dari peserta penelitian diminta untuk memperpanjang durasi tidur mereka selama 2,5 jam.

Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang tidur 8,5 jam memiliki lebih sedikit kalori tanpa menjalani perubahan diet atau aktivitas fisik.

Baca juga: Bagaimana Pola Tidur Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Para peneliti menyimpulkan bahwa mereka yang tidur 8,5 jam semalam mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dengan rata-rata 270 kalori per hari.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.