Kompas.com - 23/03/2022, 21:22 WIB

KOMPAS.com - Banyaknya produk minuman kopi dalam kemasan siap minum yang beredar di Indonesia menjadi pertanda bahwa kopi memang memiliki banyak peminat.

Menurut data dari NielsenlQ, pertumbuhan volume rata-rata kategori kopi di Indonesia sebelum pandemi Covid-19 adalah sebesar 20 persen.

Angka tersebut sempat turun di 2021, namun kembali merangkak naik menjelang tahun 2022.

Capaian itulah yang pasti membuat produsen minuman kemasan pun seolah berlomba-lomba melakukan berbagai inovasi demi merebut pasar dengan minuman kopi yang disukai.

Baca juga: Tips Menyimpan Cold Brew agar Tetap Segar

Seperti halnya produsen minuman Ichitan yang baru saja menghadirkan minuman kopi cold brew coffee latte dalam kemasan.

"Alasan memilih cold brew karena teknik ini semakin menjamur dan hype, mulai dikenal masyarakat Indonesia."

Demikian penuturan Arviani Manahera, Senior Brand Manager PT Ichi Tan Indonesia dalam konferensi persnya di Kedai Filosofi Kopi, Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Cold brew merupakan sebutan untuk teknik penyeduhan kopi bubuk dengan air dingin.

Kopi tersebut direndam dalam air dingin dan didiamkan selama kurang lebih 12 jam untuk menghasilkan aroma kopi yang sedap.

Cold brew juga biasanya merupakan menu minuman andalan di sebuah coffee shop yang biasanya dapat dinikmati langsung, diberi campuran susu atau brown sugar.

Baca juga: Kala Para Milenial Berani Mulai Bisnis Minuman Kopi di Tengah Pandemi

Selain itu, teknik penyeduhan kopi dengan air dingin juga dapat mengurangi tingkat keasaman pada kopi, sehingga dapat dinikmati semua kalangan.

"Keunggulan teknik ini dapat membuat rasa kopi semakin keluar. Artinya, kopi menjadi lebih kaya rasa," papar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.