Kompas.com - 20/04/2022, 11:57 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di balik kesegaran dan rasa yang manis, buah anggur mengandung nutrisi yang berlimpah.

Kandungan nutrisi pada anggur meliputi vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, vitamin K, hingga asam pantotenat dan asam folat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kalium yang terdapat dalam buah itu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah penyakit jantung atau stroke.

Nah, agar semua kebaikan buah anggur yang disebutkan itu bisa dinikmati secara sempurna, pastikan kita mencuci anggur sebelum dimakan.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan semprotan pestisida dan bahan-bahan kimia lain yang merugikan tubuh.

Laporan yang disusun organisasi nirlaba Environmental Working Group (EWG) menunjukkan, buah anggur --khususnya anggur non organik-- termasuk dalam daftar produk dengan tingkat pestisida tertinggi.

Pada permukaan kulit anggur, terdapat beberapa bagian yang berwarna putih. Warna putih itu tidak berasal dari pestisida, melainkan lapisan lilin yang diproduksi tanaman anggur untuk melindungi buah.

Meski aman dikonsumsi, lilin tersebut akan terasa pahit di mulut. Makanya, dianjurkan untuk mencuci anggur sampai bersih sebelum dimakan.

Baca juga: Inikah Anggur Termahal di Dunia?

Kapan anggur harus dibersihkan?

Kulit buah anggur yang sudah dicuci akan terasa lembap, sehingga proses pembusukan terjadi lebih cepat.

Bloom atau lapisan lilin pada bagian kulit berfungsi menjaga kesegaran anggur, jadi jangan dicuci sampai kita siap memakan buah tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.