Kompas.com - 30/04/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga sangatlah penting di usia berapa pun.

Namun, tanpa disadari, kita sering melakukan kebiasaan yang kurang baik saat berolahraga yang menyebabkan olahraga jadi kurang efektif.

Tapi jangan khawatir, karena jauh lebih baik untuk mengetahuinya sekarang sehingga kita dapat mengatasi kebiasaan ini secepatnya.

Baca juga: Pola Makan Sehat untuk Mengurangi Lemak Perut di Usia 50-an

Terutama setelah kita berusia 50 tahun, sangat penting untuk memastikan bahwa kita telah mengambil langkah yang tepat untuk berolahraga dengan aman dan mencapai tujuan kebugaran.

Seorang pelatih pribadi di Fyt, Laura Endres membagikan beberapa kebiasaan buruk berolahraga yang mungkin sering kita lakukan dan perlu dihentikan setelah mencapai usia 50 tahun ke atas.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak simak beberapa kebiasaan tersebut di bawah ini, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Hanya melakukan kardio

Menurut Endres, berjalan kaki adalah kontribusi besar untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi hanya berfokus pada kardio saja tidak cukup, terutama seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Belajar dari Atlet, Ini Cara Menjaga Kebugaran Tubuh di Usia 50 Tahun

"Hilangnya kepadatan tulang dan kurangnya kekuatan sangat meningkatkan risiko kita jatuh, patah tulang, dan kesulitan pulih," terangnya.

"Untungnya, ini dapat dicegah atau dikurangi dengan latihan kekuatan dasar," saran dia.

Endres juga mengatakan bahwa latihan kekuatan yang kita lakukan tidak harus sangat menantang atau melelahkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.