Kompas.com - 11/05/2022, 18:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bicara soal hobi menyehatkan, mungkin kita akan berpikir tentang berbagai jenis olahraga, seperti berlari atau mendaki. Namun, sebenarnya masih ada satu hobi lagi yang lebih “santai” namun menyehatkan, yaitu berkebun.

Ya, meski mungkin kita tidak terlalu berbakat dalam berkebun, hobi satu ini rupanya memiliki banyak manfaat kesehatan, baik bagi fisik dan mental.

Nah, apa saja manfaat kesehatan yang akan kita dapatkan dari berkebun? Lalu, apa saja tips yang perlu diperhatikan agar berkebun tidak berakhir membahayakan kesehatan tulang belakang?

Untuk mengetahuinya, simak paparan dan tips dari ahli tulang belakang dan bedah saraf Deborah Benzil, MD., berikut ini.

Manfaat kesehatan berkebun

Menurut dr. Benzil, ada lima manfaat kesehatan dari berkebun yang dapat membantu mencegah osteoporosis. Berikut daftarnya.’

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi melemahnya tulang, membuatnya kehilangan massa dan kekuatan, yang berujung dengan meningkatnya risiko patah tulang.

Biasanya, osteoporosis menyerang orang-orang berusia di atas 50 tahun, terutama perempuan.

“Ada juga pelunakan alami tulang seiring bertambahnya usia yang dapat membuatnya lebih rentan patah,” kata Dr. Benzil.

Dokter Benzil menambahkan bahwa pelunakan tulang juga menyebabkan patah tulang sulit sembuh, terutama di tulang belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.