Kompas.com - 16/05/2022, 18:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak dapat dipungkiri jika seiring berjalannya waktu, hubungan seksual antara pasangan suami-istri dapat menurun. Apalagi bagi mereka yang sudah menikah dengan jangka waktu yang cukup lama.

Menurut survei sosial umum yang dilakukan pada tahun 1999 hingga 2014, responden menyatakan bahwa jumlah rata-rata hubungan seksual mereka dalam setahun telah berkurang dari waktu ke waktu.

Kendati demikian, penurunan hubungan seksual yang dialami oleh pasangan suami-istri tidak terjadi begitu saja dan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang kompleks.

Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis urologi dan ahli pendidikan seksual Dr Rena Malik bahwa menurunnya hubungan seks di antara pasangan suami-istri tidaklah sederhana.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Menjadwalkan Hubungan Seks dengan Pasangan

Memiliki anak dan banyak kesibukan lain

Melalui channel YouTube miliknya, Dr Malik mengatakan, orang-orang yang paling banyak mengalami penurunan hubungan seks adalah mereka dengan usia paruh baya yang memiliki anak usia sekolah.

"Itu masuk akal karena kita punya anak untuk diurus, kita bekerja, dan juga harus mengelola rumah tangga. Jadi, kita kurang punya waktu untuk keintiman," terangnya.

Dia pun melanjutkan bahwa beberapa orang yang memasuki usia lanjut (lansia) — di mana anak-anak mereka sudah mulai mandiri — bisa mengalami penurunan gairah untuk berhubungan seks.

Sementara itu, faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini termasuk beberapa orang yang tidak memiliki pasangan jangka panjang dan orang-orang yang memiliki pasangan jangka panjang tapi masih belum ingin berhubungan seks.

Malik berspekulasi bahwa ini mungkin disebabkan karena adanya pergeseran budaya dan teknologi sejak tahun 1999.

"Sekarang sudah lebih banyak pilihan hiburan di luar sana daripada 20 tahun yang lalu dan juga ada penurunan kebahagiaan, serta peningkatan depresi," tambahnya.

Baca juga: 5 Kemungkinan Penyebab Suami Menolak Ajakan Bercinta

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.