Kompas.com - 18/05/2022, 10:37 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pemerintah menyerukan kebijakan baru terkait pemakaian masker di ruang terbuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo dalam konferensi persnya seiring kasus penularan Covid-19 yang semakin melandai di Indonesia.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," demikian ungkap Jokowi di YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (17/5/2022).

Meski begitu, Presiden tetap menekankan untuk aktivitas di ruangan tertutup dan sarana transportasi publik, masyarakat perlu menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker.

Khususnya bagi masyarakat yang masuk kelompok rentan tertular seperti punya penyakit komorbid hingga lansia, Jokowi menyarankan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

Baca juga: Jokowi Bolehkan Warga Lepas Masker di Area Terbuka

Imbauan WHO dan CDC saat beraktivitas di indoor

Mengingat kebijakan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyerukan protokol kesehatan (yang sudah diperbarui pada 10 Mei 2022) ketika hendak melepas masker ketika beraktivitas.

Hal ini berkaitan dengan menjaga diri dan orang lain agar tetap aman. Sebab, pandemi secara resmi belum dikatakan berakhir.

Beberapa imbauan yang diutarakan WHO antara lain adalah mendapatkan vaksinasi lengkap serta vaksin booster untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi virus SARS CoV-2.

Kemudian, ketika ingin melepaskan masker, setidaknya perlu jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter meski mereka tidak terlihat sakit.

Hindari berkomunikasi di indoor tanpa masker, keramaian, dan yang melibatkan kontak erat. Bila perlu, temui orang-orang hanya di area terbuka.

Halaman:
Sumber TIME,WHO


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.