Kompas.com - 21/05/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa perempuan mungkin menginginkan ukuran payudara yang lebih besar karena alasan estetika atau untuk tampil menawan saat mengenakan pakaian tertentu.

Kendati demikian, ukuran maupun bentuk payudara tidak bisa diubah secara alami, sehingga kita memerlukan prosedur pembedahan seperti pembesaran payudara (alias implan) untuk mengubahnya.

Ada pun ukuran payudara biasanya ditentukan oleh kombinasi dari berbagai macam hal. Mulai dari genetika, hormon, berat badan, gaya hidup, atau fase kehidupan lain seperti kehamilan.

Namun, olahraga disebut-sebut dapat mengubah penampilan keseluruhan otot dada, yang terletak di bawah jaringan payudara.

Baca juga: Simak, Tips Memilih Bra yang Tepat untuk Payudara Besar

Kita pun bisa menargetkan otot-otot ini melalui latihan kekuatan yang mungkin dapat mengakibatkan perubahan ukuran, kepadatan, kekuatan, dan jaringan dada.

Latihan untuk otot dada

Sama seperti latihan kekuatan yang dapat meningkatkan ukuran, kekuatan, daya tahan, dan nada otot kaki atau lengan, itu juga dapat mengubah otot dada kita.

Misalnya, latihan isolation chest seperti chest press, pullover, dan flys, khususnya, cenderung menyebabkan perubahan bentuk maupun ukuran otot dada kita.

Meski begitu, mengubah otot dada tidaklah sama dengan memperbesar ukuran payudara. Itu hanya dapat meningkatkan otot dada yang terletak di bawah payudara.

Tentu, beberapa perempuan mungkin bisa menumbuhkan otot dada mereka sehingga ukuran bra mereka bisa naik.

Sebab, bagaimana pun latihan kekuatan – terutama dengan beban berat dan/atau pengulangan yang tinggi – dapat menyebabkan pertumbuhan otot.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.