Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperbesar Payudara dengan Berolahraga, Mungkinkah?

Kompas.com - 21/05/2022, 22:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Beberapa perempuan mungkin menginginkan ukuran payudara yang lebih besar karena alasan estetika atau untuk tampil menawan saat mengenakan pakaian tertentu.

Kendati demikian, ukuran maupun bentuk payudara tidak bisa diubah secara alami, sehingga kita memerlukan prosedur pembedahan seperti pembesaran payudara (alias implan) untuk mengubahnya.

Ada pun ukuran payudara biasanya ditentukan oleh kombinasi dari berbagai macam hal. Mulai dari genetika, hormon, berat badan, gaya hidup, atau fase kehidupan lain seperti kehamilan.

Namun, olahraga disebut-sebut dapat mengubah penampilan keseluruhan otot dada, yang terletak di bawah jaringan payudara.

Baca juga: Simak, Tips Memilih Bra yang Tepat untuk Payudara Besar

Kita pun bisa menargetkan otot-otot ini melalui latihan kekuatan yang mungkin dapat mengakibatkan perubahan ukuran, kepadatan, kekuatan, dan jaringan dada.

Latihan untuk otot dada

Sama seperti latihan kekuatan yang dapat meningkatkan ukuran, kekuatan, daya tahan, dan nada otot kaki atau lengan, itu juga dapat mengubah otot dada kita.

Misalnya, latihan isolation chest seperti chest press, pullover, dan flys, khususnya, cenderung menyebabkan perubahan bentuk maupun ukuran otot dada kita.

Meski begitu, mengubah otot dada tidaklah sama dengan memperbesar ukuran payudara. Itu hanya dapat meningkatkan otot dada yang terletak di bawah payudara.

Tentu, beberapa perempuan mungkin bisa menumbuhkan otot dada mereka sehingga ukuran bra mereka bisa naik.

Sebab, bagaimana pun latihan kekuatan – terutama dengan beban berat dan/atau pengulangan yang tinggi – dapat menyebabkan pertumbuhan otot.

Tapi, tidak semua perempuan yang melakukan chest day akan membutuhkan bra yang lebih besar agar pas dengan otot dada mereka.

Namun, apabila kita tetap ingin mengubah otot dada, maka kita bisa melakukan beberapa latihan kekuatan dada seperti dumbbell chest press, dumbbell pec fly, alternating dumbbell press, push-up, stability ball chest press, up-down plank, serta dumbbell pullover.

Diet tidak memengaruhi ukuran payudara

Diet tidak dapat memengaruhi ukuran payudara.

Tapi sekali lagi, kenaikan berat badan dan fluktuasi lemak tubuh bisa. Jadi, jika berat badan kita bertambah, maka kita akan melihat peningkatan jaringan lemak di dada.

Baca juga: Tidak Pakai Bra Bikin Payudara Kendur, Benarkah?

Tetapi kita mungkin akan memperhatikan bahwa bagian lain dari tubuh kita juga bertambah besar.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com