Kompas.com - 12/06/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Rutin berolahraga menjadi salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga ampuh membakar lemak perut dengan cepat.

Menurut penelitian dari Universitas Johns Hopkins di AS, olahraga yang membuat kita menjadi aktif secara fisik memiliki dampak besar pada pengurangan lemak perut.

Beberapa jenis olahraga berikut ini fokus dapat membuat tubuh lebih aktif secara fisik, yang membantu menurunkan kadar insulin dan mengurangi kecenderungan tubuh dalam menyimpan lemak di perut.

Melansir Livehealthy.chron, Minggu (12/6/2022), berikut 9 olahraga yang paling efektif mengurangi perut buncit.

Baca juga: Tips Kikis Perut Buncit dari Pelatih Kebugaran

1. Lari cepat

Olahraga lari merupakan latihan yang efektif untuk membakar kalori. Tapi jika dilakukan dalam berkompetisi, kita bisa membakar lemak lebih banyak di perut.

Lari ini mengandalkan kecepatan dan waktu untuk menempuh jarak tertentu.

Menurut riset dari peneliti di Harvard Medical School, dalam 60 menit, orang dengan berat badan 70 kilogram mampu membakar 670 kalori dengan kecepatan lari 8,3 km per jam dan 1.078 kalori dengan kecepatan 13,8 km per jam.

2. Tinju dan kick boxing

Seorang anggota (member) sedang berolahraga di 9Round Kickbox Fitness Jalan Senopati,  Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (26/12/2021). 9Round Kickbox Fitness memiliki konsep workout yang berdurasi hanya 30 menit, dengan slogan making members stronger in 30 minutes, physically and mentally!.KOMPAS.COM/ANDREAS L ALTOBELI Seorang anggota (member) sedang berolahraga di 9Round Kickbox Fitness Jalan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (26/12/2021). 9Round Kickbox Fitness memiliki konsep workout yang berdurasi hanya 30 menit, dengan slogan making members stronger in 30 minutes, physically and mentally!.
Dua jenis olahraga ini tak cuma bisa membentu massa otot, tapi juga bisa membakar kalori lebih banyak.

Menurut riset yang dilakukan University of Rochescter Medical Center, pada orang dengan berat badan 70 kg dan berlatih tinju atau kick boxing selama satu jam, maka kalori yang dapat dibakar sekitar 648 atau 720 per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.