Kompas.com - 24/06/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang sering menghabiskan waktu bersama dengan teman hingga larut malam di akhir pekan, hingga tak jarang membuat jadwal tidur berantakan.

Nah, keadaan semacam ini mungkin tentu berdampak pada pola tidur di hari berikutnya. Terutama di hari Senin saat kita harus memulai hari dengan segudang aktivitas.

Itulah mengapa hari Senin juga kerap dianggap sebagai hari yang paling berat dan melelahkan untuk dijalani.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, pelatih dan ahli nutrisi AS, Max Lugavere, mengatakan, pola tidur yang tidak konsisten menimbulkan perasaan yang kurang baik di Senin pagi.

"Jika setiap malam kita tidur lebih dari jam 23.00 atau tetap terjaga sampai jam 03.00 (terutama di akhir pekan), pada dasarnya itu telah melewati zona waktu yang menyebabkan kita merasakan jet lag secara harfiah setiap hari Senin," kata dia.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Hilangkan Rasa Malas di Hari Senin

"Penelitian yang muncul menunjukkan aliran berirama untuk hampir setiap fungsi biologis kita."

"Ini termasuk metabolisme, kekebalan, dan kemampuan kognitif yang penting untuk merasa tajam dan berenergi," sambung dia.

Menjaga ritme sirkadian yang sehat – atau jam tubuh — itu sangatlah penting pada proses biologis alami yang dilalui tubuh selama 24 jam.

Telah disebutkan juga, salah satu faktor yang memiliki dampak terbesar pada ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah perubahan fisik, mental, dan perilaku yang mengikuti siklus 24 jam.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.